Ridwan Kamil Bangun Peradaban Baru di Jabar, Apa Itu?

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, Jabar tengah membangun peradaban baru melalui ekonomi kreatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga.

Ridwan Kamil diperkirakan pada 20 tahun mendatang populasi penduduk di Indonesia akan dihuni oleh orang yang berusia produktif.

“Saya berinvestasi pada ekonomi kreatif 20 tahun yang akan datang Indonesia akan memiliki jumlah penduduk dengan usia di bawah 40 tahun yang besar. Maka dari itu kami tengah membangun peradaban baru melalui ekonomi kreatif,” kata Ridwan Kamil saat menjadi narasumber virtual Kuala Lumpur Creative Economy Forum 2021 (KUL.CEF 2021): Creative Economy as a Source of Economic Strength, Kamis 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Habis Polisi Smackdown Mahasiswa, Kini Giliran Polantas Hajar Warga hingga Terkapar

Baca Juga:  Bupati Subang Minta Pemprov dan Pemerintah Pusat Ikut Tangani Banjir

Baca Juga: BNNK Karawang Amankan 2 Karung Ganja, Pemiliknya Kabur Saat Penggerebekan

Baca Juga: Rentenir Sulitkan Masyarakat, Ini Solusi Bupati Bandung Buat Atasi Masalah Permodalan

“Saya kira ekonomi kreatif sangat penting dan masa depan pertumbuhan ekonomi tentunya dalam melawan disrupsi juga merespons kemajuan teknologi,” tambahnya.

Baca Juga: Mantap! Jadi Juara Umum PON 2021 di Papua, Jabar Ciptakan Rekor Ini

Baca Juga: Viral! Warga Sindangbarang Terima KTP Palsu, Ini Kata Disdukcapil Cianjur

Ridwan Kamil menjelaskan mengenai disrupsi teknologi yang telah melanda berbagai aktivitas kehidupan. Dia menilai ini bisa menjadi hal positif apabila warganya diberikan edukasi agar cakap digital.

Baca Juga:  Jangan Makan Mie Instan Dua Porsi Sekaligus, dr. Nadia Alaydrus: Bisa Sebabkan Ini

“Karena pada saat ini teknologi telah mendisrupsi kehidupan. Tiga juta orang sudah beralih menggunakan digital, ini merupakan berita baik ekonomi bisa meningkat hanya dengan kegiatan sehari dengan upload produk di media sosial pribadinya,” ungkapnya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga telah menyiapkan ruang bagi pelaku ekonomi kreatif yang bekerja sama dengan Shopee. Di kampus Shopee tersebut pelaku ekraf dapat memanfaatkan fitur tersedia seperti kamera foto, layanan live streaming untuk menjual produk.

“Saya selalu belajar dengan infrastruktur juga memberikan ruang bagi para pelaku ekraf. Termasuk salah satunya kampus Shopee,” sebutnya.

Baca Juga: Dibangun di Jalur Sibuk, Proyek Kereta Cepat Jadi Ajang Transfer Teknologi Konstruksi

Baca Juga:  Kasus PMK Capai 233.370, Inilah Lima Provinsi dengan Kasus PMK Tertinggi

Baca Juga: Bahas Monev Dana Desa, Gus Menteri Tekankan Proteksi Data oleh Kemendes PDTT

Baca Juga: Waspada! 19 Kecamatan di Kota Bandung Berpotensi Tinggi Terdampak Bencana Gempa

Tak hanya itu, Ridwan Kamil memberikan kebebasan bagi warga Jabar yang hendak memakai namanya untuk dijadikan nama produk usahanya.

Baca Juga: Laga Persib Lawan Bhayangkara FC di Gelar Malam, Robert Alberts: Tak Masalah

Baca Juga: Beckham Berharap Persib Bisa kembali ke Jalur Kemenangan

“Saya menghadiahkan nama saya untuk dijadikan produk-produk UMKM di Jabar. Ini merupakan strategi marketing kita dalam membantu UMKM,” pungkasnya. (Red)