Strategi Transisi Pandemi Menuju Era Endemi Covid 19

Tim Pelatihan Kepemimpinan Administrator LAN PKASN 2022. (foto: istimewa)

“Jadi kita harus tangguh di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Karena itu, ketahanan nasional yang merupakan sebuah kondisi dinamis yang digambarkan oleh ketangguhan, keuletan dan kemampuan untuk mengatasi berbagai ancaman”.

Ketahanan nasional harus diupayakan sejak dini secara sinergis, terintegrasi antar semua komponen bangsa. “Sejak dari awal umur bangsa kita dan pertahankan terus dan harus kita lakukan terus menerus secara terintegrasi dan juga berkelanjutan,”

Strategi yang diperlukan pada masa transisi pandemic menuju endemic :

Baca Juga:  WHO Nyatakan Status Darurat Covid-19 Berakhir

Pembangunan :

  1. Dalam aspek perencanaan pembangunan tetap memperhatikan aspek Kesehatan dan lingkungan;
  2. Penyiapan infrastruktur dalam negeri dalam sirkulasi undara yang bersih dengan memperbanyak ventilasi.

Kesehatan :

  1. penguatan ketahanan nasional pada era pandemi diantaranya pelaksanaan vaksinasi harus mencapai tiga juta orang per hari, perluasan keterlibatan elemen masyarakat dalam kegiatan vaksinasi bukan hanya pada tingkat pusat tetapi juga pada tingkat provinsi, kabupaten/kota dan desa, sehingga vaksinasi mewujudkan kekebalan imunitas dan normalitas kesehatan masyarakat yang berimplikasi pada percepatan pemulihan ekonomi.
  2. pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyusun 3 skenario pendemi menuju endemic, yaitu :
  3. Scenario terbaik ; varian yang mungkin muncul lebih ringan (tingkat transmisi dan risiko keparahan rendah), proteksi dari vaksin dapat dipertahankan dalam level yang tinggi tanpa perlu ada perubahan dari program atau jenis vaksinasi yang ada
  4. Scenario dasar ; Penurunan tingkat penularan dan keparahan yang berlanjut, aka nada beberapa gelombang kecil sebagai beberapa gelombong kecil sebagai hasil adaya kelompok rentan (penurunan efektivitas vaksin dan sebagainya_ atau kemungkinan seasonal pattern.
  5. Skenario terburuk ; muncul varian baru yang lebih tinggi penularan dan risiko keparahannya, penurunan efektivitas vaksin yang signifikan seiiring waktu (wanning immunity)
  6. Penguatan dibidang Kesehatan melalui beberapa strategi :
  7. Vaksin prioritas bagi kelompok rentan, lanjut usia dan imun lemah;
  8. Mencapai kekebalan komunitas;
  9. Tercapainya 70% minimal dosis pertama, 60% dosis lanjutan/tahap 2-booster.
  10. Mengamankan ketersediaan vaksin dan obat-obatan;
  11. Ketersediaan sarana isolasi terpadu
Baca Juga:  Penyebaran Covid-19 Meningkat, 9 Kecamatan di Purwakarta Masuk Zona Merah