Strategi Transisi Pandemi Menuju Era Endemi Covid 19

Tim Pelatihan Kepemimpinan Administrator LAN PKASN 2022. (foto: istimewa)

Sejalan dengan penurunan kasus, keterisian rumah sakit (BOR) sudah rendah, namun belum merata seluruh Indonesia. Kemudian, kasus aktif turun dan angka kematian rendah.

Pada saat endemi, ada beberapa hal yang dilonggarkan, yaitu tidak perlu pemeriksaan Covid-19 lagi, baik PCR atau antigen. Masyarakat juga akan lebih leluasa berpergian.

Baca Juga:  Taman Musik sebagai Ruang Publik di Kota Bandung

Masyarakat boleh mudik, tidak perlu karantina, namun masker wajib dikenakan saat di kendaraan umum. Sementara itu, sekolah akan dilangsungkan secara tatap muka.

“Yang belum di kita untuk kondisi endemi adalah mengenai masker, kita belum sampai masker boleh buka,” ujarnya.

Baca Juga:  Survei IPO: Kepuasan pada Kinerja Presiden Jokowi Meningkat di Masa Pandemi

Ketahanan nasional merupakan kemampuan dan ketangguhan dinamis suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidup menuju kejayaan bangsa dan negara, dimana dalam ketahanan nasional mengandung empat unsur, yakni kemampuan dan ketangguhan, faktor-faktor dinamis dan statis, jaminan kelangsungan hidup bangsa dan negara, serta kejayaan bangsa dan negara.

Baca Juga:  WhatsApp Story, Sebagai Media Social Sharing Bagi Ibu Rumah Tangga

Ketahanan nasional adalah sebuah kondisi dinamis yang berisikan ketangguhan. Artinya, kita harus tangguh berasaskan keuletan dan juga kemampuan dari sebuah bangsa untuk menghadapi segala bentuk ancaman dari dalam dan luar bidang apa saja.