Strategi Transisi Pandemi Menuju Era Endemi Covid 19

Tim Pelatihan Kepemimpinan Administrator LAN PKASN 2022. (foto: istimewa)

Pembatasan akses mobilitas masyarakat untuk bertemu dalam berbagai kegiatan termasuk didalamnya kegiatan bisnis/ekonomi mengakibatkan tumbuhnya pergeseran bisnis model yang ada saat ini. Shifting ekonomi konvensional yang dahulu diprediksikan masih membutuhkan waktu untuk implementasi dimasyarakat ternyata dalam kondisi pandemik seperti saat ini, semua pihak dituntut untuk beradaptasi dengan bisnis model yang baru.

Baca Juga:  Jawa Barat Kehilangan Pendapatan Rp5 Triliun Selama Pandemi Covid-19, Sebut Ridwan Kamil

Dampak kelima yang cukup signifikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pandemik covid-19 mendorong semua orang untuk tidak lagi beraktivitas secara konvensional. Pembatasan pertemuan, pembatasan aktivitas berkerumun menjadi pemicu perlu adanya inovasi dengan pemanfaatan teknologi.

Baca Juga:  Menkes Budi Sebut KLB Difteri di Garut Karena Dampak Keterlambatan Imunisasi Selama Pandemi Covid-19

Sedangkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat khususnya pelaku usaha kecil, pemerintah mengambil langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Memberikan kemudahan stimulus fiskal kepada UMKM-UMKM untuk membangkitkan perekonomian menengah ke bawah.
  2. Peningkatan pemulihan ekonomi diantaranya ;
  3. Pemberian bantuan sosial bagi pelaku usaha, insentif perpajakan, relaksasi pinjaman, pemberian modal kerja, penyediaan penyangga produk.
  4. Menggelar beragam pelatihan untuk mengasah keterampilan masyarakat untuk didorong menjadi pekerja mandiri atau wirausaha. Program pemulihan ekonomi ini difasilitasi oleh OPD yang membidangi UKM, Perindustrian dan Perdagangan.
Baca Juga:  Mengarus-Utamakan Perempuan Ciamis Pada Pemilu 2024