Ada 14 Pasal Yang Mengancam Kebebasan Pers, AJI Minta Pemerintah Hapus RUU KUHP Bermasalah

Warganet menyindir DPR RI soal anggaran miliaran untuk penggantian gorden dan aspal kompleks parlemen. (Foto: suara.com)

JABARNEWS | BANDUNG – Aliansi Jurnalis Independen atau AJI meilihat rencana pembahasan RUU KUHP tidak transparan.

Dari Rilis yang dikeluarkan AJI, ada beberapa sebeb pembahsan RUU KUHP ini tidak trasnparan, yang pertama publik belum mendapatkan draf RUU KUHP terbaru meski DPR dan pemerintah telah melakukan pembahasan pada akhir Mei lalu.

AJI mencatat setidaknya ada 14 pasal bermasalah yang mengancam kebebasan pers yang dibahas dalam draf RUU KUHP tahun 2019.

Pasal-pasal itu membuat pekerjaan jurnalis berisiko tinggi karena terlihat dengan mudah untuk dipidanakan. Antara lain mengatur soal tindakan-tindakan seperti: “menyiarkan, mempertunjukkan, atau menempelkan tulisan atau gambar sehingga terlihat oleh umum, atau memperdengarkan rekaman sehingga terdengar oleh umum”.

Penyerangan Harkat dan Martabat Presiden dan Wakil Presiden:

Pasal 218
(1) Setiap Orang yang di muka umum menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri Presiden atau Wakil Presiden dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori IV.