Agustus 2018, Alun-alun Kota Depok Dibangun

JABARNEWS | DEPOK – Alun-alun Kota Depok seluas 3,6 hektar akan segera dibangun Agustus mendatang. Kepastian itu setelah adanya pemenang lelang dengan menelan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 Rp.33,6 Miliar.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Depok, Dudi Miraz mengatakan, pembebasan lahan untuk Alun-alun sudah diserahkan ke bagian aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok. Pembebasan lahan tersebut dilakukan pada 2017.

“Sudah dibebaskan tahun lalu, sekarang proses pembangunan fisik direncanakan bulan ke delapan sudah mulai dikerjaan untuk tahap pertama,” kata Dudi seperti dikutip dari radardepok, Rabu (27/6/2018).

Baca Juga:  Pemkab Jemput Jenazah TKI  Yang Tewas Di Hongkong

Pembangunan tahap pertama Alun-alun, masuk dalam program Pembangunan dan Penataan serta ruang terbuka hijau. Kata dia, tahapan pembangunan tahap pertama ini sudah ada DED, dan pemenang tender sudah ada sebelum Ramadan tahun ini. “Nilai pagu tahapan pembangunan pertama Alun-alun mencapai kurang lebih Rp.33, 6 Miliar,” jelas mantan Kasatpol PP Kota Depok ini.

Kasi Pembangunan Gedung Pemerintah dan Fasilitas Publik Disrumkim Depok, Sriyanto menambahkan, pembangunan fisik Alun-alun tahap pertama pihaknya sedang konsilidasi persiapan pembangunan. “Juli sudah tanda tangan kontrak pihak ke tiga yang mengerjakan pembangunan fisik Alun-alun,” kata Sriyanto didampingi Kadisrumkim.

Baca Juga:  Jangan Mudik! DPRD Jabar Minta Masyarakat Pertimbangkan Soal Ini

Pembangunan tahap kedua akan dikerjakan pada 2019. Tentunya, pelaksaan akan dilakukan tender kembali, karena pembangunan alun-alun ini dua mata anggaran yang terpisah. “Anggaran tahap kedua ini pastinya belum ada berapa jumlahnya,” ucap dia.

Selain itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Depok Azhari mengatakan, untuk pembebasan lahan alun-alun dianggaran 2017 dan sudah selesai.

“Lahan sudah dibebaskan 2017. Itu bagian dari aset pengawasnnya ada di Komisi A,” kata Azhari.

Dalam tahapan pembangunan ini akan diawasi oleh Komisi C, dimana ada dua tahapan pembangunan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Kota Depok oleh pihak ketiga. “Pembangunan alun-alun direncanakan selesai 2019,” ucap dia.

Baca Juga:  Gegara Langgar Aturan PSBB Jakarta, 23 Usaha Ini Ditutup Satpol PP

Adanya pembangunan Alun-alun Kota Depok, disambut baik warga Depok. Salah satunya Destri Mulyati warga Kelurahan Depok.

Ia mengatakan, selama tinggal di Depok tempat kumpul keluarga dan tempat bermain di Depok tidak ada. Adanya rencana pembagunan Alun-alun bisa menjadi tempat kreasi dan hiburan keluarga.

“Di Depok gak ada tempat kreasi keluarga, ada juga lahanya tidak terlalu besar. Saya sebagai warga menyampaikan terimakasih atas Pemkot Depok yang bersedia membangunan fasilitas umum berupa Alun-alun ini,” ujarnya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat