Airlangga Hartarto: Pemerintah Segera Terbitkan Surat Edaran Soal Insentif Pajak Hiburan

Airlangga
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah segera menerbitkan surat edaran terkait insentif fiskal termasuk keringanan dalam penerapan tarif pajak hiburan khusus sebesar 40-75 persen.

Menurut dia, besaran tarif pajak hiburan khusus yang sebelumnya dikeluhkan oleh sejumlah pelaku usaha itu dibahas dalam rapat bersama Presiden Joko Widodo dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga:  Luhut Nyatakan Siap Gantikan Airlangga, Isu Munaslub Golkar Menguat?

“Pemerintah akan mengeluarkan surat edaran terkait dengan Pasal 101 ini. Dalam surat edaran yang akan disiapkan oleh Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri dan selanjutnya pemerintah juga melihat bahwa sektor pariwisata baru pulih,” kata Airlangga.

Baca Juga:  Airlangga Hartarto Mantap Dukung Prabowo Subianto Maju di Pemilu 2024

Dia menjelaskan, insentif pajak hiburan itu diatur dalam Pasal 101 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD).

Baca Juga:  Gubernur Jabar Lantik 15 Pimpinan Tinggi Pratama, Ini Daftarnya

Dalam beleid itu, lanjut Airlangga, tertulis bahwa dalam mendukung kebijakan kemudahan berinvestasi, gubernur/bupati/wali kota dapat memberikan insentif fiskal kepada pelaku usaha di daerahnya.