Akhir-akhir Ini Sering Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Tubuh yang sakit bisa sangat mengganggu dan membuat aktivitas Anda menjadi tidak nyaman. Kondisi ini juga bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih serius dari waktu ke waktu. Namun, tidak ada orang yang bisa lepas dari flu atau batuk dalam hidupnya.

Selain itu berbagai jenis kuman, virus, dan parasit dapat menyebabkan infeksi pada tubuh, sehingga membuat tubuh sakit-sakitan. Namun untuk menanggulanginya, tubuh sebetulnya memiliki sistem pertahanan alami yang disebut dengan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  BPKP Jabar Monitoring Dan Evaluasi Penyaluran DD di Cianjur, Ini Pesannya

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab tubuh sering sakit-sakitan yakni:

Pertama. Pola makan kurang sehat – Penyebab tubuh sering sakit yang pertama yakni Pola makan kurang sehat. Daya tahan tubuh yang kuat bisa Anda miliki dengan banyak mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti antioksidan, protein, omega-3, serta vitamin dan mineral.

Beberapa contoh makanan sehat yang bisa kalian konsumsi agar tetap sehat adalah sayur dan buah-buahan, telur, ikan, kerang, kacang, yoghurt, dan biji-bijian, seperti gandum.

Baca Juga:  Alhamdulilah, Kuota Jamaah Haji Indonesia Ditambah

Kedua. Kekurangan cairan – Penyebab tubuh kalian sakit-sakitan yang kedua yakni kekurangan asupan cairan pada tubuh. Hal tersebut terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi.

Selain makanan sehat, perbanyak konsumsi cairan, mulai dari air putih, teh, dan jus buah, juga bisa mencegah kalian sakit-sakitan. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tiap harinya, asupan nutrisi ke seluruh sel di dalam tubuh akan terjaga dan organ tubuh dapat berfungsi secara normal.

Baca Juga:  Seorang PDP di Purwakarta Meninggal Dunia, Ini Penjelasannya

Ketiga. Kurang tidur – Berbagai penelitian menyatakan bahwa kebiasaan kurang tidur dapat menurunkan kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi. Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Karena itu, kalian disarankan untuk tidak sering begadang dan tidurlah pada jadwal yang teratur, dengan durasi tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. Hal tersebut untuk menjaga badan tetap sehat. (Red)