Awas! BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem hingga Sepekan Kedepan

cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan, tepatnya pada 10-16 September 2022.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, saat ini diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta, Selasa 21 Juni 2022

Aktifnya fenomena atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby Ekuatorial, dan Gelombang Kelvin dalam sepekan ke depan dapat turut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Jawa Barat Jumat 16 Juni 2023

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan informasi Prakiraan Berbasis Dampak Hujan Lebat dengan kategori siaga untuk periode tiga hari ke depan (10-12 September 2022) berpotensi terjadi di wilayah DKI Jakarta, Sulawesi Tengah

“Potensi cuaca ekstrem tersebut diidentifikasi dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer yakni adanya potensi belokan dan perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan,” kata Guswanto dalam keterangan yang diterima, Jumat (10/9/2022).

Baca Juga:  Pagi Tadi, Kabupaten Sukabumi Diguncang Gempa Bumi, Terasa hingga Ujunggenteng