Bangun Ekonomi Umat, Hebring Siap Gandeng Masjid

JABARNEWS | BANDUNG – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Yossi Irianto-Aries Supriatna makin menunjukan keberpihakannya pada peningkatan ekonomi umat. Bahkan pasangan Hebring ini berencana mengoptimalkan peran masjid untuk ekonomi masyarakat.

Seperti halnya yang diungkapkan Calon Wakil Walikota Bandung Aries Supriatna. Dikatakannya, pasangan Hebring ingin mengoptimalkan peran masjid untuk membangun dan memberdayakan ekonomi umat. Selain sebagai pusat pendidikan dan tempat ibadah, Aries berharap masjid dapat menjalankan perannya sebagai tempat membangun ekonomi umat seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW.

Menurutnya masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban umat Islam. Ia menyebut, sejarah telah membuktikan multi fungsi peranan masjid tersebut.

Baca Juga:  Ini Cara Insan Bumi Mandiri Bantu Warga Bandung Terdampak Covid-19

Bahkan ketika Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah, kebijakan Rasulullah yang pertama adalah membangun masjid sebagai tempat ibadah, menguatkan rasa persaudaraan, mendalami ajaran Islam baik dalam segi ibadah maupun mualamah.

Namun pada masa kini, banyak masjid berdiri megah nan mewah, namun masih banyak jamaah masjid itu sendiri yang ekonominya jauh dari cukup.

“Kami ingin menghidupkan fungsi masjid untuk pengembangan dan pemberdayaan ekonomi umat. Karena belum semua masjid dapat mengembangkan ekonomi umat atau jamaahnya,” kata Aries saat ditemui di sela-sela ngabuburit di kawasan Jalan Pajajaran Bandung, Senin (21/5/2018).

Baca Juga:  Kabar Baik Untuk Warga Tasikmalaya Yang Cari Kerja, Cek Ini

Aries mengaku tak main-main dengan gagasannya tersebut. Buktinya, pihaknya memasukkan program pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid ke dalam 15 program unggulan pasangan Hebring bila diberi amanah memimpin Kota Bandung.

“Kami ingin memberdayakan majelis-majelis taklim supaya ibu-ibu pengajian juga memiliki ekonomi kuat. Kami akan bantu dengan memberikan pelatihan wirausaha, koperasi, bantu akses permodalan dan akses market (pasar),” ujar Aries.

Di Kota Bandung, saat ini sudah ada beberapa masjid yang mampu menggerakkan roda ekonomi jamaahnya terutama melalui majelis taklim dan koperasi atau baitul mal. Salah satunya, kata Aries, seperti salah satu masjid di kawasan Cihampelas.

Baca Juga:  Jamal Preman Pensiun Ajukan Rehab, Polisi Jelaskan Syarat Ini

“Di Cihampelas ada satu masjid yang jamaah majelis taklimnya punya kegiatan ekonomi. Mereka bisa membuat boneka dan hasilnya dijual. Para anggota majelis taklimnya bisa memiliki penghasilan yang lumayan. Apalagi kalau itu didorong lagi dengan bantuan pemerintah,” bebernya sambil tersenyum.

Suami Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari itu optimistis program tersebut dapat berjalan masif dan berhasil mengembangkan ekonomi umat mengingat hampir setiap RW di Kota Bandung memiliki masjid dan majelis taklim.

“Insya Allah jangkauan program ini akan sangat masif karena hampir tiap masjid punya majelis taklim. Ini potensi yang harus kita dorong,” ungkapnya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat