Beragam Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan, Diantaranya Cegah Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan sayur kol atau kubis. Sayuran ini umum diolah sebagai menu makanan sehari-hari. Namun, siapa sangka bahwa sayur kol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak kalah dengan jenis sayuran lainnya, setiap jenis kol ini menyumbang segudang nutrisi penting untuk tubuh. Dalam sayur kol sendiri memiliki banyak kandungan yang bermanfaat.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat sayur kol bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Pemkab Bekasi Antar E-KTP Warganya Lewat Via Pos

Pertama. Mencegah Kanker – Kanker merupakan penyakit yang perlu dicegah sedini mungkin. Anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi sayur kol atau kubis mentah. Kol bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus, kanker payudara, dan lainnya.

Sayur kol memiliki kandungan glukosinolat yang sangat tinggi. Kandungan ini bersifat antikarsinogenik yang bisa menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh. Kubis juga dapat mencegah muncul tumor ganas yang sering kali menjadi kanker.

Baca Juga:  Polda Jabar: Kelompok Anarko Menyusup Diantara Demonstran

Kedua. Memperlancar saluran pencernaan – Manfaat kol berikutnya adalah sebagai pelancar saluran pencernaan dalam usus. Sayuran renyah ini penuh dengan serat tidak larut yang ramah terhadap usus, sejenis karbohidrat yang tidak dapat dipecah di usus.

Serat tidak larut membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mendorong buang air besar secara teratur. Terlebih lagi, manfaat kol terbukti meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Baca Juga:  Anggota DPR RI Ini Sebut BUMN sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Ketiga. Menurunkan kolesterol – Orang yang memiliki kolesterol tinggi juga cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama jika mereka memiliki peningkatan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Manfaat kol mengandung dua zat yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat. Tentunya hal tersebut bisa menjadi makanan yang aman kalian konsumsi. Namun harus tetap pada porsinya. (Red)