Berani! Jubir Timnas AMIN Slepet Luhut Soal TKA China, Begini Katanya

Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Jawa Pos).

JABARNEWS | BANDUNG – Juru bicara Tim Nasional Pemenangan Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Hasreiza menyelepet Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan soal kehadiran TKA China di Indonesia.

Dia mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia seharusnya mampu bersikap lebih dominan dengan meningkatkan posisi tawar-menawar dalam perjanjian investasi dengan China.

Baca Juga:  Robert: Persib Sudah Tak Sabar Berlatih Sejak Bulan Lalu

“Jangan juga setiap investasi mereka yang masuk ke Indonesia, harus disertai dengan tenaga kerja yang mereka bawa dari negerinya. Ini mengurangi kesempatan kerja dari anak bangsa kita sendiri,” kata Reiza dikutip JabarNews.com dari Suara.com, Senin (25/12/2023).

Baca Juga:  Inilah Profil Para Dewan Pengawas KPK Periode Baru

Dia juga menyoroti peran TKA China yang kerap dibawa ke Indonesia untuk melakukan pekerjaan keras. Karena kondisi itu, ia melihat anak-anak bangsa semakin kehilangan kesempatan untuk belajar bahkan berujung pada penyempitan lapangan pekerjaan.

“Dari data kementerian tenaga kerja, per September 2023, tenaga kerja dari China mendominasi tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia, yakni sebesar 57.738 atau 48 persen. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta pada Agustus 2023,” jelasnya.

Baca Juga:  Dua Menteri Berkunjung Ke Purwakarta, Ini Tujuannya