Dari Bokong Hingga Mengangkang, Nama Sekolah Unik Ini Bikin Heran

JABARNEWS | BANDUNG – Indonesia memang terkenal akan kaya ragam budaya dan bahasa, tidak dipungkiri setiap daerah di Tanah Air ini memiliki bahasa tersendiri.

Konon, beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia berasal dari rumpun bahasa Austronesia. Misalnya, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Aceh, Bahasa Madura, Bahasa Batak, dan Bahasa Bali.

Dengan bahasa tersebut, tidak sedikit penamaan tempa, nama, hingga Sekolah, yang menggunakan bahasa daerah sendiri menjadi terdengar lucu di telinga, hal itu terjadi karena adanya perbedaan makna pada masing-masing bahasa.

Uniknya juga, ada beberapa nama yang lucuk tidak cuma nama orang, beberapa sekolah di Indonesia ternyata juga mempunyai nama unik yang mungkin akan terdengar lucu di telinga kita.

Baca Juga:  Menurut Ahli, Ini Penyebab Gempa Bumi M 5,9 Pangandaran

Seperti apa aja sih contohnya? Berikut ini rangkuman buat kalian terkait sekolah di Indonesia yang memiliki nama unik dan lucu.

1. SDN Bokong di Sleman, Yogyakarta. Begitu lah namanya, nama ini yang terdengar seru terletak di utara Desa Sonoharjo, Margokaton, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Ini dinamakan Bokong berdasarkan nama dusunnya, Bokong.

Meski nama dusun Bokong sudah diganti menjadi dusun Sonoharjo, sekolah ini tetap menggunakan nama Bokong sampai sekarang.

2. SDN Setan di Magelang, Jawa Tengah. Sekolah dasar ini terletak di Desa Setan Candiretno, Secang, Magelang, Jawa Tengah. Yup, jadi penamaan SD ini mengikuti nama desa setempat, ya. Jadi bukan karena di sekolahnya banyak setannya.

Baca Juga:  Buruh Ancam Mogok Kerja Nasional Jika UMP 2021 Tak Naik

3. SDN 1 Mengangkang di Banyumas, Jawa Tengah. Tahan duli! pikirannya jangan ngeres dulu. Nama sekolah ini juga berasal dari lokasinya, yaitu terletak di JL. Desa Somakaton, Rt. 3 RW. 2, Mengangkang, Somakaton, Somagede, Banyumas.

4. SDN Pocong di Bangkalan, Jawa Timur. Lagi-lagi, penamaan sekolah ini mengikuti nama setempat. pasalna, lokasi sekolalh ini berada di Desa Pocong, Tragah, Bangkalan. Nama yang agak serem sebenarnya. Tapi ya begitulah, nama sebuah daerah di Indonesia bisa begitu unik dan sangat beragam.

Nah, jadi begitulah nama-nama sekolah yang unik yang ada di Indonesia, jangan sampai salah paham. tapi tak hanya Itu masih banyak nama-nama lainnya seperti, SD Negeri BENCONGAN I & II, Tangerang, SD Negeri ANJIRBARU, Tanah Tumbu. SD Negeri TOBAT I, Tangerang. SD Negeri KANDANGSAPI II, Pasuruan. SD Negeri 2 SILUMAN, Tasikmalaya.

Baca Juga:  Mendaftar Pilkada, Nia-Usman Akan Maksimalkan Ikhtiar

Di balik pemakaian nama-nama yang bikin dahi mengkerut ada ceritanya masing-masing dan rata-rata hanya mengikuti nama desa atau tempat saja. Untungnya di Indonesia tidak ada nama-nama desa yang lebih aneh lagi. Kalau eksis waduh bakal makin unik tuh namanya. Tapi, mungkin saja masih ada SD-SD dengan nama nyeleneh lainnya. Hanya saja kita mungkin yang belum mengetahuinya. (Red)