Dengan Berat Hati, Job Fair Tahun 2020 Di Kabupaten Bekasi Ditunda

JABARNEWS | BEKASI – Bursa lowongan kerja atau Job Fair selalu menjadi magnet bagi para pencari kerja setiap tahunnya, termasuk di Kabupaten Bekasi yang kerap didatangi dari berbagai daerah oleh para pencari kerja.

Ditengah pandemi Covid-19, agenda penyelenggaraan Job Fair atau bursa lowongan pekerjaan 2020 di Kabupaten Bekasi terpaksa tunda, mengngat wilayah tersebut hingga kini masih berstatus zona kuning.

“Ya mau tidak mau terpaksa kita tiadakan. Anggarannya pun dialihkan untuk penanganan COVID-19,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi Suhup, Kamis (16/07/2020).

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Ajak Milenial Untuk Wujudkan Konsep Izzul Islam wal Muslimin

Ia menjelaskan bursa lowongan kerja sedianya dilaksanakan dua kali dalam setahun namun pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir memaksa pihaknya untuk meniadakannya tahun ini.

Pihaknya khawatir jika kegiatan tersebut dipaksakan untuk dilaksanakan justru akan berpotensi memunculkan kasus baru penyebaran COVID-19 meski pemerintah telah memutuskan sejumlah kelonggaran aktivitas masyarakat guna menghidupkan kembali roda perekonomian.

Baca Juga:  Tiga Nelayan Ditemukan Selamat Usai 2 Hari Terombang-Ambing Di Laut

Suhup mengungkapkan di Kabupaten Bekasi bukan hanya kegiatan bursa lowongan kerja saja yang ditunda namun juga kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah lain yang terpaksa ditunda dengan alasan yang sama.

“Ada surat edaran dari Bupati Bekasi terkait penanganan COVID-19 dan tidak boleh ada kegiatan yang mengundang keramaian banyak orang,” katanya.

Kepala Bidang Penempatan Perluasan Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi Douglas Siregar mengatakan bursa lowongan kerja sedianya dilakukan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juli dan Desember.

Baca Juga:  Mantan Dirut PDAM Karawang Ditangkap Kejati Jabar

“Jadi anggaran yang sudah dialokasikan di APBD 2020 bergeser dan dialokasikan kembali di 2021 mendatang,” kata Douglas.

Douglas mengaku banyak kegiatan dari bidang lain di Dinas Tenaga Kerja yang juga terpaksa ditunda akibat pandemi COVID-19. Dia berharap wabah virus corona segera berakhir agar aktivitas masyarakat dapat pulih seperti sedia kala. (Red)