Deteksi Dini Anggota Bermasalah Psikologis, Polda Gandeng Himpsi

JABARNEWS | BANDUNG – Deteksi dini anggota polri yang memiliki permasalahan psikologi, Polda Jawa Barat Biro SDM bagian Psikologi menggandeng Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jabar menggelar pelatihan bagi personel Polri yang mengemban fungsi Konselor Psikologis.

Pelatihan dilakukan selama 2 hari, dimulai dari tanggal 12 sampai 13 Desember 2018 besok, di Shakti Hotel, Bandung.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol Bariza Sulfi didampingi oleh Kabag Psi Ro SDM Polda Jabar AKBP Heri Fatnanta, dan Kabag Dalpers AKBP Sudrajad Hariwibowo, serta diikuti oleh 72 Konselor dari jajaran Polda Jabar.

Baca Juga:  Gaji Ditunggak 13 Tahun, TKW Asal Indramayu Tak Bisa Pulang

Dalam Sambutannya Karo SDM Polda Jabar menyampaikan pelatihan konselor ini digelar agar kewilayahan pada tingkat Polisi Resort/ Polisi Resort Kota/ Polisi Resort Kota Besar dan satuan kerja memiliki tenaga yang sudah dilatih mampu mendeteksi dini anggota Polri bermasalah psikologi.

“Berbicara tentang personil Polri, tidak lepas dari peran fungsi Biro SDM polri untuk membantu pelaksanaan tugas personil Polri secara maksimal,” kata Bariza.

Tekanan dan tuntutan ancaman yang tinggi dalam pelaksanaan tugas, mengancam keselamatan jiwa dan harta masyarakat bahkan personil Polri itu sendiri.

Selain itu menyebabkan beban psikis yang di emban dan ditanggung oleh personel Polri itu sendiri.

Baca Juga:  Catat! Jadwal Piala Dunia 2018

“Melihat fenomena yang demikian, perlu adanya tindakan dan langkah nyata dari kita semua untuk menanggulangi keadaan tersebut,” lanjutnya.

Untuk itu salah satu yang dapat dilakukan bagian psikologi Biro SDM polda Jabar adalah membantu personil polri yang mengalami gangguan psikologi sehingga mampu mengembangkan potensi positif, mencegah dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh personil Polri.

“Bentuk dari bantuan tersebut yaitu dengan melakukan bantuan dan konseling secara efektif dan continue terhadap personil Polri yang menghadapi permasalahan” ungkap beliau

Baca Juga:  Pemerintah Buka Pendaftaran PPPK untuk Guru, Prioritaskan Golongan Ini

Sementara itu Kabag Psi Polda Jabar mengatakan dengan terbatasnya tenaga konselor ditingkat Polda membuat Bag Psi Biro SDM polda Jabar berfikir dan bekerja ekstra untuk melaksanakan tugasnya.

Selain menangani permasalahan anggota secara langsung, Bag psikologi juga menyelenggarakan pelatihan – pelatihan konselor polres jajaran dan satker.

“Dengan adanya konselor polres jajaran dan satker diharapkan menjadi kepanjangan tangan dari Bag Psikologi polda yang akan melakukan tindakan psikologi awal terhadap anggota yang mengalami masalah” ungkap Kabag Psi Biro SDM Polda Jabar. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat