Genangan Air Kepung Kantor Satpol PP Sergai, Ini Penyebabnya

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Hujan deras yang terjadi, Rabu (9/9/2020) sejak pagi membuat pemukiman disekitar kantor Bupati Serdang Bedagai tergenang air. Bahkan halaman kantor Satpol PP berada di samping kantor Bupati mirip lautan disebabkan tidak berfungsinya saluran air pembuangan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Serdang, Fajar Simbolon pada Jabarnews.com di kantornya mengatakan, halaman kantor Satpol PP dan disekitar kantor Bupati tergenang air akibat curah hujan cukup tinggi sejak Rabu pagi.

Baca Juga:  Pendakwah Riza Muhammad Keluhkan Cara Penagihan Listrik di Rumahnya

“Penyebab halaman kantor Satpol PP tergenang air akibat saluran pembuangan air tidak berfungsi maksimal,” katanya.

Ia menjelaskan, upaya dilakukan Satpol PP untuk mengeringkan air di halaman kantor dengan melakukan penyedotan air dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran. Air disedot kemudian dibuang ke sungai.

“Sudah kita sedot air dengan dua unit mobil damkar,” ucap Fajar.

Menurutnya, banjir terjadi dihalaman kantor Satpol PP dan disekitar depan kantor Bupati Serdang Bedagai akibat lokasi tersebut dataran rendah. Selain itu tidak berfungsinya gorong-gorong di sekitar Jalinsum di simpang Belidaan di Dusun 9, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Baca Juga:  Duh.. Masih Ada Satu Mall yang Tak Dapat Restu Oded

“Kantor Satpol PP berada di dataran rendah sehingga setiap hujan deras air menggenangi halaman kantor,” ujarnya.

Mengatasi hal itu, kata dia, Satpol PP akan melakukan penimbunan halaman kantor agar tinggi sehingga setiap hujan datang, jalan kantor tidak banjir. Untuk drainase di Jalinsum, kita harapkan Kementerian Pekerjaan Umum RI dapat melakukan nirmalisasi drainase dan membersihkan gorong-gorong yang sumbat agar air dapat mengalir ke sungai.

Baca Juga:  Petani Asal Purwakarta, Tewas Tersambar Petir

“Halaman kantor akan kita timbun supaya tinggi dan kita minta Kementerian PU RI melakukan normalisasi drainase dan gorong-gorong di sekitar Jalinsum agar pembuangan air menjadi lancar,” bilangnya. (Ptr)