Rudi Gunawan Buka Suara Soal Ormas di Garut Ubah Lambang Negara

JABARNEWS | GARUT – Sebuah organisasai kemasyarakatan ( Ormas) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, bikin heboh dengan adanya kelompok yang diduga mengubah bentuk Burung Garuda yang merupakan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tak hanya itu, ormas yang menamakan diri Kandang Wesi Tunggal Rahayu ini juga mencetak uang sendiri yang digunakan untuk transaksi sesama anggotanya.

Baca Juga:  Ini Imbauan Yana Mulyana Selama PSBB Digelar di Kota Bandung

Bupati Garut Rudy Gunawan mengakui ormas Kandang Wesi Tunggul Rahayu sempat melakukan pendaftaran ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) untuk mendapatkan legalitas. Namun setelah dilakukan pengkajian, ormas itu ditolak Pemkab Garut.

Baca Juga:  DPR Bergeming, Ogah Setujui Anggaran Rp. 19 Miliar BPOM

“Ormas memang mengajukan permohonan, tapi kami melakukan penyelidikan apa yang mereka maksud menggunakan lambang modifikasi,” kata Rudy di Garut, Rabu (9/9/2020).

Rudi Gunawan mengatakan akan melakukan koordinasi dengan kepolisian agar ormas itu diproses secara hukum. Sebab ormas itu sudah melecehkan lambang negara.

Baca Juga:  Para Praktisi Hukum Sebut Omnibus Law Permudah Perdagangan Internasional

” Tentu akan melakukan penindakan tegas mereka yang melecahkan lambang negara itu, selain mengubah lambang negara, ormas itu membuat mata uang sendiri. Para anggota ormas itu, dijanjikan modal usaha dan pinjaman,” ujarnya. (Red)