Hanya Enam Bentuk Bantuan Asing Ini Yang Diterima Indonesia

JABARNEWS | JAKARTA – Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menegaskan bahwa pemerintah Indonesia hanya menerima enam jenis bantuan internasional untuk penanganan korban gempa dan tsunami di Donggala-Palu Sulawesi Tengah.

“Presiden Joko Widodo sudah menyatakan menerima bantuan internasional, tapi bukan meminta dan itu juga ada syaratnya hanya enam bentuk bantuan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Baca Juga:  Yuk Simak Sinopsis Pennyworth yang Bakal Tayang Ekslusif di Warner TV

Dikutip antaranews.com, dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB9) Sutopo merincikan bantuan internasional yang diterima yaitu transportasi udara berupa pesawat hercules C130, tenda, rumah sakit lapangan dan fogging, generator serta pengolahan air bersih.

Baca Juga:  DPRD Ciamis Siap Perjuangkan Aspirasi Korban Gempa Bumi

Lebih lanjut dia mengatakan hingga saat ini sudah ada 26 negara dan dua lembaga internasional yang menawarkan bantuan.

“Semua bantuan itu harus disampaikan tertulis. Sebisa mungkin self supporting dan tidak membebani kita. Jadi kita tetap hati-hati dan ada prosesnya,” tambah Sutopo.

Baca Juga:  Wisatawan Pantai Bali Lestari Wajib Terapkan 'Pesan Ibu' Tentang 3M

Bantuan internasional tersebut dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri dan BNPB dengan prioritas utama transportasi udara.

“Tidak sembarangan semua bantuan asing bisa masuk yang kita prioritaskan enam bantuan itu tadi. Ini `G to G` detilnya nanti diatur,” katanya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat