HUT Ke-43, Indocement Ajarkan Masyarakat Kreatif

JABARNEWS I KABUPATEN CIREBON – Berbagai kegiatan sosial digelat PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Pabrik Palimanan, Kabupaten Cirebon, Sabtu (4/8/2018). Kegiatan dalam rangka HUT ke-43 PT. Indocement itu bertajuk HUT Indocement #PeduliBersama3Roda.

General Manager Operation Pabrik Palimanan, Budiono Hendranata mengatakan, acara tersebut melibatkan para karyawan, keluarga karyawan, dan masyarakat desa mitra. Kegiatannya antara lain, donor darah sebanyak 200 kantong, yang bekerjasama dengan PMI Cabang Kabupaten Cirebon.

Selain itu, adapula senam, sarapan pagi buta, dan cek kesehatan. ’’Acara lain yang digelar pada 4 Agustus yakni peresmian Taman Hidroponik yang dibangun di bekas kolam Main Office Komplek pabrik Palimanan,’’ tuturnya.

Baca Juga:  Dua Tersangka Peluru Nyasar Ke DPR Diamankan Polisi

Di taman seluas 336 meter persegi ini, kata dia, memiliki tujuh model dan 19 unit hidroponik dengan beragam sistem. Di antaranya Deep Film Technique, Nutrient Film Technique, Duttch Bucket dan  Hidroponik Tower.

’’Di taman Hidroponik ditanami sayuran seperti, selada, kale, pakcoy, caisin, bayam, kangkung, tomat, dan cabe. Diharapkan keberadaan taman ini dapat menambah ruang hijau terbuka di komplek pabrik beserta bisa menjadi sarana edukasi dan kajian pertanian dengan metode hidroponik,’’ terangnya.

Baca Juga:  Wisata Puncak Rindu Alam Cianjur, Tempat Cocok Untuk Menikmati Senja

Sedangkan untuk Sekolah Magang Indocement (SMI) Komplek pabrik Palimanan diadakan pelatihan kerajinan limbah kertas kantong semen. Pelatihan ini merupakan penerapan dari extended producer responsibility (EPR).

’’EPR ini merupakan sebuah strategi yang dirancang untuk mempromosikan integritas biaya lingkungan yang terkait dengan barang. Tujuan utama yakni untuk memulihkan produk dan meminimalkan dampak lingkungan dari bahan limbah,’’ tuturnya.

Peserta diajarkan untuk mengolah limbah kertas kantong semen menjadi kerajinan tas dan dompet. Pelatihan digelar sejak akhir Juli diikuti 28 peserta dari Desa Mitra Indocement Komplek pabrik Palimanan.

Baca Juga:  Dikala BBM Naik, Ma'ruf Amin Iming-imingi Masyarakat dengan Bansos

Indocement juga melakukan pemasangan hydro filter di Pondok Pesantren Dar Al Tauhid, Arjawinangun. ’’Diharapkan dengan pemasangan hydro filter ini mampu mengolah air sungai menjadi air baku untuk memenuhi kebutuhan air baku sebanyak 24 meter kubik per hari,’’ terangnya.

Kegiatan CSR lainnya yang dilakukan yakni seminar lokakarya petani jamur merang, deklarasi Anak Gasing Indocement (AGI), kajian pembuatan pupuk hayati dari limbah bekas jamur dan kotoran ternak, kreasi seni budaya, dan lomba kertas semen. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat