Impor Ilegal Sepatu Bekas Harus Dihentikan! Ini Dampak Buruknya

Sepatu Bekas
Ilustrasi impor sepatu bekas. (Foto: Reuters/Joe Brocek).

JABARNEWS | BANDUNG – Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif mengatakan bahwa praktik impor sepatu bekas secara ilegal harus dihentikan.

Menurut Febri, hal tersebut karena Indeks Kepercayaan Industri (IKI) menunjukkan bahwa industri alas kaki dalam negeri masih mengalami kontraksi.

Baca Juga:  Dua Wanita Malam yang Terjaring Razia Polsek Firdaus Positif Narkoba

“Seperti yang bisa dilihat pada video hasil investigasi salah satu jurnalis di Singapura, terungkap bahwa sepatu-sepatu bekas dari negara tersebut yang disumbangkan pemiliknya untuk proyek sustainability ternyata berakhir di pasar-pasar loak di Indonesia,” kata Febri dalam keterangannya, Senin (6/3/2023).

Baca Juga:  Viral! Buka Pintu Lihat Puan Maharani, Pemuda Ini pun Salah Tingkah

“Praktik impor ilegal sepatu bekas ini harus dihentikan karena berdampak buruk bagi industri alas kaki dalam negeri,” tambahnya.

Video yang dimaksud oleh Febri menyebutkan bahwa semula masyarakat Singapura mendonasikan sepatu olahraga bekas pakai mereka melalui boks-boks donasi di tempat umum. Disebutkan bahwa sepatu-sepatu tersebut akan didaur ulang menjadi alas taman bermain dan trek lari.

Baca Juga:  Stafsus Sri Mulyani: Pajak Pulsa Sudah Ada Sejak Era Soeharto