Ingin Knalpot Motor Awet Dan Tidak Mudah Berkarat? Lakukan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Knalpot merupakan salah satu komponen motor yang paling sering dilupakan. Padahal knalpot merupakan komponen vital pada setiap kendaraan bermotor.

Knalpot bertugas untuk memproses hasil pembakaran antara oksigen dan juga bahan bakar yang terjadi di ruang bakar untuk dimanfaatkan sebagai penyuplai tenaga tambahan. Merawat knalpot dengan benar maka akan meningkatkan kondisi prima sebuah kendaraan.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut cara merawat knalpot motor agar tidak mudah berkarat yakni:

Baca Juga:  Sasar Pejalan Kaki dan Pengendara, Polres Purwakarta Bagikan Masker

Pertama. Bersihkan Knalpot Setiap Kali Kehujanan – Bila musim hujan tiba, artinya Anda harus ekstra keras menjaga knalpot motor supaya tidak berkarat. Seperti yang diketahui bahwa air hujan mengandung senyawa asam yang memang tidak cukup ramah pada komponen motor berbahan besi, salah satunya yaitu knalpot.

Leher knalpot merupakan bagian yang sering menjadi lokasi bersarang karat. Kalau karat dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa knalpot jadi berlubang. Tentunya hal tersebut membuat knalpot motor kalian menjadi mudah rusak.

Baca Juga:  Awal Pekan, Mata Uang Rupiah Perkasa Libas Dollar AS

Kedua. Olesi Leher Knalpot dengan Oli – Kalau ingin knalpot motor punya umur lebih panjang, Anda bisa mengolesi knalpot menggunakan oli. Selain mencegah, mengolesi oli pada knalpot juga bisa menghilangkan karat yang menempel. Adapun cara melakukannya adalah nyalakan motor Anda selama beberapa menit hingga mesinnya mulai panas.

Selanjutnya, olesi bagian knalpot yang berkarat menggunakan oli. Kondisi knalpot yang panas akan bereaksi pada oli yang dioleskan sehingga karat meleleh. Namun, untuk melakukan hal tersebut sebaiknya hati-hati agar oli tidak masuk kedalam knalpot.

Baca Juga:  Soal Dana Pemerintah di BPD, Ini Pesan Sri Mulyani Buat Para Gubernur

Ketiga. Hindari Terkena Air Laut – Ketika kalian menggunakan motor ke pesisir pantai ada baiknya untuk menghindarkan bagian motor terkena air laut. Pasalnya hal tersebut bisa membuat bagian besi termasuk knalpot pada motor kalian jadi mudah berkarat.

Apabila sudah terjadi, ada baiknya kalian segera untuk mencuci motor kalian menggunakan air bersih biasa. Hal tersebut bisa membersihkan bekas air laut yang menempel pada bagian knalpot motor. (Red)