Ini Langkah DKP Kota Cirebon Capai Target PPH

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Pj. Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik, mengatakan, Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kota Cirebon terus aktif mendorong pelaksanaan penganekaragaman konsumsi pangan. Sehingga target Pola Pangan Harapan (PPH) masyarakat Kota Cirebon yang mencapai angka 90 pada 2023 bisa terwujud.

Pernyataan itu disampaikan Dedi dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kota Cirebon, di Kantor DPPKP Kota Cirebon, Senin( 30/7/2018).

Baca Juga:  Hati-Hati! Mulai Besok Pengguna Skuter Listrik Bakal Kena Tilang

Dedi menjelaskan, tahun sebelumnya, PPH masyarakat di Kota Cirebon baru mencapai 80,1. Padahal target yang harus dicapai seharusnya 85.

“Ini menunjukkan, pola makan masih tergantung dengan beras dan terigu, serta kurangnya konsumsi umbi-umbian, buah, sayuran, dan kacang-kacangan,” ujarnya.

Dikatakannya, Dewan Ketahanan Pangan Kota Cirebon berkomitmen melakukan sejumlah langkah strategis.

“Kami akan aktif mendorong pelaksanaan penganekaragaman konsumsi pangan bagi masyarakat Kota Cirebon. Caranya di antaranya dengan mendorong penggunaan bahan pokok lokal, optimalisasi manfaat pekarangan dengan konsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) serta variasi menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman),” katanya.

Baca Juga:  BPD HIPMI Sulteng: Mardani H. Maming Pilihan Terbaik

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Elmi Masruroh, mengungkapkan, rakor bertujuan untuk evaluasi dan pengendalian perwujudan ketahanan pangan di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Komnas HAM Minta KPU Tunda Pilkada 2020

“Termasuk merumuskan kebijakan dalam rangka mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaran ketahanan pangan. Rakor juga bertujuan untuk koordinasi dan sinkronisasi kegiatan antar SKPD dan masyarakat dalam mendukung perwujudan ketahanan pangan di Kota Cirebon,” kata Elmi yang juga Ketua Pelaksana Rakor Ketahanan Pangan. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat