Ini Manfaat Blackcurrant Bagi Kesehatan, Diantaranya Tingkatkan Kekebalan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat blackcurrant terbukti mampu jaga kesehatan tubuh dan menurunkan risiko beragam penyakit. Blackcurrant adalah jenis buah yang berasal dari Eropa dan Asia.

Ada beraneka zat gizi dalam buah ini, beberapa yang mungkin Anda kenal fungsinya yaitu vitamin C dan beraneka molekul antioksidan. Blackcurrant juga mengandung gamma-linolenic acid (GLA), jenis asam lemak omega-6 yang juga menjadi salah satu kandungan kunci pada blackcurrant.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat blackcurrant bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Tanamkan Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan Sejak Dini

Pertama. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh – Salah satu khasiat blackcurrant yang sayang dilewatkan yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah berwarna hitam ini kaya akan vitamin C yang dikenal sebagai sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Selain antioksidan, buah dengan rasa asam dan manis ini juga mengandung antosianin. Antosianin termasuk jenis flavonoid yang berfungsi warna pada tanaman, seperti bunga dan buah.

Baca Juga:  Inilah Hasil 32 Sampel Swab Warga Ciamis Dengan PCR dari Labkesda Jabar

Kedua. Menurunkan kolesterol jahat – Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat lainnya dari buah blackcurrant adalah menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat (LDL) yang tinggi berisiko terhadap penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Sementara itu, konsumsi makanan yang kaya akan antosianin, seperti blackcurrant, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Bahkan, cara ini juga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Ketiga. Mengatasi Gangguan Pencernaan – Gejala gangguan pencernaan termasuk diare dan kram perut tentu dapat mengganggu aktivitas harian. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena manfaat blackcurrant bisa meringankan gangguan pencernaan.

Baca Juga:  Krisis Kesehatan, Joko Widodo: Penting Belanjakan Anggaran Secara Cepat

Menurut penelitian dari International Journal of Kuwait University, jus blackcurrant dapat memberikan efek relaksasi pada otot polos saluran pencernaan. Meski demikian, studi ini masih diujicobakan dalam model tabung, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat efeknya terhadap manusia. (Red)