Ini Respon Wapres Ma’ruf Amin Soal Usulan Dana Desa 10 Persen dari APBN

Ma'ruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Dok. Setwapres).

JABARNEWS │ BANDUNG – Usulan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terkait dana desa agar 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mendapat respon yang beragam.

Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin pun turut merespon usulan Apdesi tersebut. Ia berharap, aspirasi para kepala desa tersebut bisa dibahas oleh DPR RI.

Baca Juga:  Ingin ke Mall Saat Fase New Normal? Sebaiknya Baca Ini Dulu

“Sekarang ini Undang-undang tentang Desa sedang dilakukan ada perubahan, perbaikan undang-undang, ya kita harapkan nanti aspirasi ini bagian daripada yang menjadi pembahasan ini,” ujar Wapres Ma’ruf di Pondok Pesantren Muqimus Sunnah, Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga:  Usai Tuntut Masa Jabatan Diperpanjang, Kepala Desa Bakal Minta Dana Desa Naik di Tahun 2024

Di kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin pun mengajak masyarakat untuk menunggu hasil pembahasan revisi UU Desa kelak, apakah usul itu diterima atau tidak. Ia memastikan pemerintah memiliki perhatian khusus terhadap aparat desa dengan mengucurkan dana desa.

Baca Juga:  Ma'ruf Amin Minta Kemenkes Cari Biang Kerok Gagal Ginjal Akut

“Tetapi caranya bagaimana, besarnya berapa, dan dari mana (anggarannya) diambil, saya kira itu bagian nanti yang dibahas dalam perubahan UU Desa,” jelas Ma’ruf Amin.