Jangan Anggap Remeh! Stunting Bisa Turunkan Kecerdasan Anak

Corporate Medical Affairs Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK saat menjelaskan materi Keterkaitan Antara Nutrisi dan Kasus Stunting di Indonesia. (Foto: Istimewa)

“Terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan untuk pencegahan stunting yaitu asupan nutrisi seimbang sejak masa kehamilan, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang berkualitas pada anak, memperhatikan sumber protein terutama protein hewani yang mengandung asam amino, menjaga kebersihan secara menyeluruh, pemenuhan hidrasi yang cukup serta pemantauan tumbuh kembang anak secara teratur,” jelasnya.

Baca Juga:  Prevalensi Stunting di Kota Bandung Capai 26,40 Persen

Sementara itu, Direktur Eksekutif AMSI, Adi Prasetya menekankan bahwa pencegahan stunting dapat dilakukan dengan memastikan pemahaman dari masyarakat Indonesia tentang cara pemenuhan nutrisi yang tepat.

“Di tengah situasi kesehatan nasional yang masih menjadi tantangan tersendiri bagi publik dan pemerintah, maka sebagai insan pers yang menjalankan perannya sebagai sumber penyedia informasi diharapkan dapat mengangkat berita tentang isu kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti halnya permasalahan stunting ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Babak Baru dari Prak KDRT Baim Wong dan Paula

Sebagai penutup, Adi Prasetya mengharapkan dengan adanya edukasi bagi para jurnalis seputar isu stunting ini, para jurnalis dapat membuat sebuah karya jurnalistik yang dapat menjadi rujukan bagi publik agar mereka mampu menyikapi informasi dengan tepat sasaran serta dengan penerapannya. (Red)

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Migrain Tanpa Menggunakan Obat