Jangan Anggap Sepele, Ini Yang Akan Terjadi Jika Menahan Bersin

JABARNEWS | BANDUNG – Bersin merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan atau membuang benda asing yang menyebabkan gangguan di hidung dan tenggorokan.

Benda asing tersebut bisa berupa banyak hal, misalnya debu, gas kimia, hingga virus atau bakteri. Karena alasan inilah bersin sebaiknya jangan ditahan.

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber berikut bahayanya jika sering menangan bersin yakni:

Baca Juga:  Tiga Kendaran Terlibat Kecelakaan Di Tol Cipali, Empat Orang Tewas

Pertama. Gendang Telinga Pecah – Bahayanya menahan bersin yang pertama yakni bisa mengakibatkan gendang telinga kalian menjadi pecah. Tentunya hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan.

Menahan bersin dapat meningkatkan tekanan dalam tuba eustachius di telinga dan mendorong gendang telinga. Dorongan yang kuat ini bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga dan pendengaran menjadi rusak.

Kedua. Cedera diafragma – Diafragma adalah otot yang memisahkan dada dan perut. Otot ini berperan penting dalam proses pernapasan, batuk, muntah, dan bersin. Cedera di bagian ini karena menahan bersin sangat jarang terjadi. Namun, apabila terjadi, kondisi ini bisa berbahaya dan mengganggu pernapasan.

Baca Juga:  Tambah 13 Ribu, Total Kasus Covid-19 di Indonesia Nyaris 2 Juta

Selain cedera pada diafragma, menahan bersin juga berisiko mengakibatkan cedera pada tenggorokan yang ditandai dengan kesulitan berbicara atau menelan makanan.

Baca Juga:  Pemkot Depok Ingin Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19, Ini Alasannya

Ketiga. Pecahnya Pembuluh Darah – Bahaya selanjutnya yang diakibatkan oleh menahan bersin yakni pecahnya pembuluh darah. Terdapat banyak sekali pembuluh darah kecil di hidung, mata, bahkan gendang telinga.

Meski jarang, menahan bersin dapat menyebabkan pembuluh kecil ini jadi tertekan hingga kemudian pecah. Pembuluh yang pecah ini biasanya menimbulkan gejala sederhana seperti mata yang kemerahan. (Red)