Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Kepala Bayi Terbentur

JABARNEWS | BANDUNG – Tidak sedikit orangtua yang tidak tahu harus berbuat apa ketika kepala bayi terbentur. Entah terantuk meja ataupun tak sengaja jatuh.

Pada ummnya orangtua memang tak bisa 24 jam mengontrol apa yang dilakukan si Kecil. Sehingga, beberapa kali kepala bayi pun tidak sengaja terbentur. Karena mereka belum paham dengan apa yang dilakukannya, maka bayi pun tidak bisa disalahkan begitu saja.

Pada usia enam bulan sampai empat tahun merupakan waktu yang paling berisiko, ketika mereka sudah menemukan dunianya sendiri. Sehingga, penting bagi orangtua untuk tahu apa yang harus dilakukan apabila kepala anak terbentur.

Baca Juga:  Bojan Berharap Gol Kemarin Bukan Yang Terakhir

Kecelakaan ringan biasanya hanya menyebabkan rasa sakit seperti memar atau luka di kepala dan tugas orangtua harus menjaga agar bayi tetap tenang.

Lalu, aplikasikan es yang sudah dibungkus kain bersih atau handuk. Tinggikan kepala Si Kecil saat mengompres bagian yang memar dengan es. Kemudian, beri Si Kecil minum untuk mengurangi kemungkinan muntah.

Bila memar, prosedurnya lebih sederhana tapi tetap membutuhkan perhatian. Apabila Anda menyentuhkan es dalam handuk ke area yang terkena benturan, perhatikan apakah ada perubahan pada memarnya.

Baca Juga:  Ini Pengakuan Distan Kab Tasik, Soal Kedatangan Kejagung dan Kejari

Jika ukurannya malah membesar atau memburuk, segera pergi ke dokter untuk mencegah masalah yang lebih besar.

Apabila ada luka terbuka, segera cuci bagian tersebut dengan air bersih. Pastikan tidak ada benda yang masuk di luka tersebut.

Gunakan sepotong kain kasa yang direndam dengan hidrogen peroksida apabila ada pendarahan. Jika lukanya dalam, sebaiknya segera dibawa ke pos kesehatan terdekat karena mungkin diperlukan jahitan oleh petugas medis.

Biarkan si Kecil yang mengantuk untuk tidur agar dia beristirahat. Namun perhatikan apakah ia bersikap seperti biasa atau tidak.

Baca Juga:  Hari Ke-5 Penyekatan, Polresta Cirebon Putar Balik 6000 Kendaraan Mudik

Nah itulah tadi sedikit tips yang dapat Anda lakukan jika kepala bayi terbentur. Berhati-hatilah juga apabila ada mual, penglihatan kabur, atau disorientasi. Selain itu, bila ia mengaku pusing, pertanda yang harus diperhatikan. Jika semua gejala tersebut muncul, segeralah pergi ke dokter atau pelayanan medis. Paling tidak sekitar 48 jam setelah terjadi kecelakaan. Semoga tips di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Step to Health

Jabarnews | Berita Jawa Barat