Kemenkes Buat Masyarakat Khawatir, Siti Nadia Tarmizi Sebut Hepatitis Akut Bisa Menyebar Lewat Udara

Ilustrasi penyakit hepatitis akut. (Foto: shutterstock).

JABARNEWS | BANDUNG – Baru-baru ini masyarakat tengah dibuat khawatir dengan merebaknya penyakit hepatitis akut misterius. Terlebih, penularannya yang belum diketahui secara pasti.

Namun, di tengah kekhawatiran yang timbul di masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menduga penularan penyakit hepatitis akut misterius salah satunya melalui udara.

Baca Juga:  Kemenkes Sebut El Nino Bisa Picu Dengue, Bakal Terjadi Lonjakan Kasus?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa hal tersebut merujuk pada beberapa temuan adanya Adenovirus pada pasien yang terkena penyakit tersebut.

Baca Juga:  Inovasi Ceu Ati Pemkab Purwakarta Dapat Apresiasi Kementerian Perdagangan

“Kita tahu penularan dari pada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara atau airbourne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut sebagai adenovirus kemudian virus hepatitis sendiri ya sebagian besar menyebar menularkan melalui makanan fecal oral,” kata Siti dikutip JabarNews.com dari detikcom, Senin (16/5/2022).

Baca Juga:  Duh! Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Bandung

Untuk mencegah penularannya, masyarakat diharapkan selalu memastikan asupan yang dikonsumsi dalam kondisi yang higienis dan memperhatikan kebersihan tangan.