Kemenkes Buat Masyarakat Khawatir, Siti Nadia Tarmizi Sebut Hepatitis Akut Bisa Menyebar Lewat Udara

Ilustrasi penyakit hepatitis akut. (Foto: shutterstock).

JABARNEWS | BANDUNG – Baru-baru ini masyarakat tengah dibuat khawatir dengan merebaknya penyakit hepatitis akut misterius. Terlebih, penularannya yang belum diketahui secara pasti.

Namun, di tengah kekhawatiran yang timbul di masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menduga penularan penyakit hepatitis akut misterius salah satunya melalui udara.

Baca Juga:  Koordinasi Lintas Sektor, Kapolsek Kadupandak Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa hal tersebut merujuk pada beberapa temuan adanya Adenovirus pada pasien yang terkena penyakit tersebut.

Baca Juga:  Obat Sirop Dilarang Dikonsumsi, Ini Obat Alternatif yang Disarankan Kemenkes untuk Anak

“Kita tahu penularan dari pada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara atau airbourne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut sebagai adenovirus kemudian virus hepatitis sendiri ya sebagian besar menyebar menularkan melalui makanan fecal oral,” kata Siti dikutip JabarNews.com dari detikcom, Senin (16/5/2022).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Akan Datang ke Kabupaten Subang Hadiri Berbagai Kegiatan

Untuk mencegah penularannya, masyarakat diharapkan selalu memastikan asupan yang dikonsumsi dalam kondisi yang higienis dan memperhatikan kebersihan tangan.