Kementerian PUPR: Tol Puncak dalam Tahap Penyiapan Lelang di 2024

Ilustrasi jalan tol. (Foto: Instagram/@skyscrapercitysolo).

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) menyebutkan proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol Puncak dan lima proyek tol lainnya dalam tahap penyiapan lelang pada 2024.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan bahwa keenam proyek jalan dan jembatan tersebut adalah Jalan Tol Malang-Kepanjen di Jawa Timur dengan nilai investasi Rp10,04 triliun sepanjang 29,78 km dengan tujuan untuk mendukung konektivitas di Kota dan Kabupaten Malang.

Baca Juga:  Jalur Pantai Selatan Jawa Bisa Jadi Alternatif saat Mudik Lebaran

“Untuk sektor jalan dan jembatan dalam tahap penyiapan pada tahun depan terdapat enam proyek KPBU dengan perkiraan investasi sebesar Rp49,47 triliun,” kata Herry dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Baca Juga:  Eril Dinyatakan Meninggal Dunia, Presiden Jokowi: Ketegaran dan Ketabahan Ridwan Kamil Jadi Teladan

Proyek kedua yakni Jalan Tol Puncak sepanjang 50,09 km dengan nilai investasi dalam proses perhitungan untuk mendukung konektivitas dan mengatasi kemacetan di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:  Soal Tol Puncak Bogor, Wisawatan Sambut Baik dan Diharapkan Jadi Solusi Atasi Macet

Proyek ketiga adalah Jalan Tol Lingkar Selatan Bandung sepanjang 46,2 km dengan nilai investasi Rp20,24 triliun, untuk mendukung konektivitas di Kota Bandung.