Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Kabupaten Bandung Diberangkatkan

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Kloter pertama jemaah  calon haji asal Kabupaten Bandung atau kloter keempat Jawa Barat, diberangkatkan Selasa (17/7/2018).

“Untuk kloter pertama diberangkatkan sebanyak 410 Calon Jemaah, didampingi TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia), TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia), Dokter, dan Paramedis,” kata Kepala Kemenag Kabupaten Bandung, Dah Saefullah, Rabu (18/7/2018).

Baca Juga:  Ini Kabar Gembira untuk Penerima BLT Dana Desa

Dia menyebutkan, untuk kuota haji Kabupaten Bandung yakni 2.582 orang , dari jumlah kuota haji Jawa Barat sebanyak 38.567 orang. Dalam pelaksanaan haji tahun 2018, lanjutnya, Kementrian Agama mengeluarkan beberapa perubahan kebijakan terkait ibadah haji.

“Kuota untuk haji Kabupaten Bandung tahun ini sebanyak 2.582 dengan 6 kloter utuh dan 1 kloter gabungan. Tahun ini Kemenag Pusat mengeluarkan beberapa kebijakan baru terkait penyelenggaraan haji 1439 Hijriyah/2018 Masehi di Indonesia, seperti percepatan keimigrasian, pemberian kode pada gelang jamaah, yang berisi data personal Jemaah haji, penambahan makan Jemaah yang awalnya 25 kali menjadi 40 kali, layanan cepat untuk koper, paspor dan hotel untuk Jemaah,” jelasnya.

Baca Juga:  Kali Ini Bansos Pemprov Jabar Ditolak Warga Kota Cirebon

Selain itu, perubahan aturan juga diterapkan untuk pembentukan tim kesehatan haji untuk pertolongan bagi Jemaah yang sakit, juga ada kabar baik bagi calon Jamaah Haji meninggal sebelum keberangkatan bisa diganti oleh keluarganya. “Mulai tahun ini, porsi calon jamaah haji yang wafat sebelum berangkat ke Arab Saudi, bisa digantikan oleh keluarganya,” tandasnya. (Des)

Baca Juga:  Ironis! Patimban Dibuka, Kertajati Ditutup, DPRD Jabar: Karena Utang?

Jabarnews | Berita Jawa Barat