Kok Pagi Ini Terasa Dingin Ya? Begini Prakiraan Cuacanya Kata BMKG

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa warganet di berbagai daerah di Indonesia umumnya mengeluhkan udara dingin di wilayah mereka masing-masing.

Dingin, Bangun, Morning, dan Dieng menjadi trending topic di Twitter pada Minggu (26/7/2020) pagi. Wilayah Bandung dan sekitarnya pun pada hari ini lebih dingin dari biasanya. Bahkan suhunya mencapai 16 °C.

Berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, prakiraan cuaca wilayah Bandung dan sekitarnya sepajjang hari ini cerah berawan

Baca Juga:  Tata Kelola Transportasi Dinilai Baik, Depok Raih Penghargaan WTN

Di Bandung, menurt BMKG, suhu 20°C – 32°C kelembapan 50 – 95 % dan curah hujan 10% serta indeks UV rendah, kecepatan angin 10 – 20 km/jam ke arah timur.

Sementara untuk wilayah Jabar dan sekitarnya akan cerah berawan dengan suhu 19-33°C dan kelembapan 50 – 95 %.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Pemerintah Soal Istilah Pengganti ODP dan PDP Covid-19

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal menjelaskan, udara dingin yang terjadi pada malam menjelang pagi hari di beberapa hari ini menandakan puncak musim kemarau akan datang. Menurut Herizal, di beberapa wilayah di Indonesia saat ini menjelang puncak musim kemarau.

“Semakin cerah langit di musim kemarau akan semakin dingin udara dirasakan pada malam dan menjelang pagi hari,” kata Herizal dikutip dari Kompas.com, Minggu (26/7/2020).

Baca Juga:  Positif Covid-19 Terus Naik, Pemkab Purwakarta Bakal Berlakukan PSBM di Wilayah Ini

Saat menjelang dan pada puncak musim kemarau, Herizal melanjutkan, langit umumnya cerah di sepanjang hari. Kondisi ini menyebabkan radiasi Matahari tidak banyak mengalami rintangan untuk masuk permukaan Bumi sehingga suhu pada siang hari menjadi hangat. (Red)