Komnas PA: Peran Negara Terhadap Perlindungan Anak Masih Minim

JABARNEWS| CIAMIS – Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait menilai bahwa peran negara terhadap perlindungan anak masih sangatlah minim. Terlihat dari angka kekerasan tehadap anak yang semakin meningkat.

“Sementara program pemerintah tak kalah banyak namun tidak implementatif,” ujar Arist saat menghadiri Seminar Nasional Pencegahan Kejahatan Terhadap Anak dan Penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum di Aula Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Selasa (10/12/19).

Kemudian tambahnya, pembangunan kabupaten maupun kota harus mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan untuk memenuhi program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

Baca Juga:  Baju Pelantikan Seragam Satu Keluarga Oded Dijahit Sepekan lalu

Sementara Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menanggapi, bahwa salah satunya wujud Pemkab Ciamis dalam menekan angka kejahatan terhadap anak yakni dengannya dikeluarkannya surat edaran gerakan Maghrib Mengaji dan Sholat Berjamaah.

“Dengan pembiasaan tersebut, kita dapat mencetak generasi-generasi yang berakhlak mulia,” ujarnya.

Herdiat berharap seluruh komponen dan elemen masyarakat harus bahu-membahu dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Ciamis menjadi lebih baik kedepan, serta dapat menekan atau pun mengurangi kejahatan terhadap anak.

Baca Juga:  Kesbangpol Menyayangkan Bendera Merah Putih Terpasang Tidak Sempurna Di Kantor Bank

Menurutnya, Pemkab Ciamis mempunyai visi dan misi untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis yang sehat lahir dan bathin, masyarakat yang pandai, dengan cara membangun indexs pertumbuhan masyarakat dengan cara meningkatkan SDM, dan meskipun berbagai harga kebutuhan pokok melambung tinggi, namun masyarakat Kabupaten Ciamis mampu untuk membelinya.

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso memandang bahwa kejahatan terhadap anak kebanyakakan diantaranya kasus pelecehan atau asusila terhadap anak yang telah dilakukan oleh orang-orang yang berbagai macam latar belakang.

Baca Juga:  Bantu UMKM Kota Bogor, Legislator Minta Kebijakan Sinergis Hulu-hilir

“Oleh sebab itu, kegiatan ini merupakan upaya pencegahan kejahatan terhadap anak dengan menggandeng Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso telah mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Ketua Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi responsif terhadap Kepolisian Resort Ciamis dalam menangani kasus-kasus kejahatan terhadap anak. (CR1)