KPMD Purwakarta Harus Mampu Pengaruhi Pembuat Keputusan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) memiliki peranan yang sangat penting di desa. Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA PMD) Sartono saat bimbingan teknis KPMD di Aula Desa Kecamatan Campaka, Rabu (29/8/2018).

Beberapa hal yang harus dilakukan KPMD yakni menggerakan dan memotivasi masyarakat, membantu indentifikasi masalah dan kebutuhan masyarakat. Juga harus mampu membantu mengembangkan kapasitas masyarakat.

Baca Juga:  Satu Keluarga dalam Mobil Avansa Masuk Jurang, Jadi Tontonan Warga

Yang tak kalah penting, KPMD harus mampu mendorong dan meyakinkan para pembuat keputusan untuk benar-benar mendengar, mempertimbangkan dan peka terhadap kebutuhan masyarakat, membantu memperoleh akses berbagai pelayanan yang dibutuhkan.

’’Peran KPMD sangatlah vital seperti pemercepat perubahan, perantara atau mediator antar lembaga dan antar masyarakat, pendidik, perencana pembangunan, pemecah masalah dan pelaksana teknis,” jelasnya.

Baca Juga:  Wow! Komnas HAM Ngaku Punya Jawaban Atas Penyebab Luka di Jasad Brigadir J

 

 

KPMD juga berfungsi mengindentifikasi masalah, kebutuhan, sumber daya pembangunan, penampung aspirasi. Sartini mengungkapkan, KPMD harus menyusun rencana pembangunan dan fasilitasi musyawarah, juga perencanaan pembangunan serta penumbuhkembang prakarsa, swadaya, gotong royong masyarakat.

Salah satu peserta sekaligus Ketua KPMD Cempakasari, Rukman Rudiansyah mengatakan, pertemuan Bimtek KPMD sangat bermanfaat. Di samping menambah pengetahuan juga dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi dari KPMD.

Baca Juga:  Akankah Megawati Bertemu Prabowo Pasca Pilpres 2024? Politisi PDIP Beberkan Hal Ini

’’Ternyata tugas KPMD sangat penting untuk pembangunan desa, saya jadi semangat setelah mengikuti Bimtek ini dan saya semakin yakin dengan tugas KPMD yang saya emban,” katanya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat