Lewat PEN, Kemenkop UKM Salurkan Rp28 Triliun Dana Hibah

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyebut telah menyalurkan Rp28 Triliun dana hibah untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sekretaris Kemenkop UKM, Rully Indrawan mengatakan dana hibah tersebut disalurkan pemerintah lewat PEN sesuai dengan PP No 43 tahun 2020.

“Itu secara Nasional Rp22 triliun, tapi tadi pagi saya dapat informasi penambahan sekitar Rp6 triliun. Itu sudah keluar suratnya kepada kami. Jadi totalnya itu Rp28 triliun,” kata Rully di Bandung, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga:  Kemenhub Turun Langsung Awasi Arus Balik di Terminal Leuwi Panjang

Dia mengungkapkan, Provinsi Jawa Barat termasuk penerima dana hibah terbanyak. Penyalurannya, lanjut Rully, sudah mulai berjalan dalam merealisasikan program PEN.

“Nah ini sudah berjalan dan Jabar, pengusul dengan jumlah SK yang sudah kami keluarkan juga termasuk terbanyak,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lewat SE Ini, Ada Himbauan Menanam Bambu di Seluruh Sekolah se-Purwakarta

Terkait penyaluran dana tersebut, Rully menjelaskan, berdasarkan pertanggal (17/9/2020) tercatat angka bantuan dana hibah untuk 1.045.686 UMKM di Jabar dengan anggaran per-UMKM sekitar Rp2,4 juta.

Kemudian, sambung dia, update data pertanggal (24/9/2020) dengan target sampai akhir September tercatat penerima sebanyak 1.266.000 UMKM.

Baca Juga:  1 Juta Pelaku UMKM Jabar Dapatkan Bantuan Rp 2,4 Juta

“Ini karena kami rekonsiliasi data jalan terus ya. Jadi masih proses rekonsiliasi data, jadi kami pakai data pertanggal 17 september, angka masuk yang sekarang ada sekitar satu juta penerima yang di Jabar dengan berbagai sumber pengusul,” tutupnya. (Rnu)