Manfaat Coklat Bagi Ibu Hamil Yang Jarang Orang ketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat coklat untuk ibu hamil memang jarang diketahui. Pasalnya, kebanyakan orang menggunakannya untuk kecantikan.

Namun, dibalik itu semua ternyata manfaat coklat untuk ibu hamil cukup penting bagi kesehatan tubuh janin maupun ibu hamil.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat coklat bagi ibu hamil yakni:

Pertama. Menurunkan risiko preeklampsia – Konsumsi cokelat pada trimester pertama atau ketiga kehamilan telah dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya preeklampsia.

Baca Juga:  Melirik Kreativitas Seniman Mural Ekspresikan Kultur Bekasi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang rutin mengkonsumsi coklat 1-3 takaran saji per minggu selama trimester pertama memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk terkena preeklamsia.

Kedua. Mencegah hipertensi – Selain bisa menurunkan risiko preeklamsia, mengonsumsi cokelat selama hamil juga bisa mencegah hipertensi.

Baca Juga:  Ayu, Gadis Spiderman Asal Grobogan

Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa mengkonsumsi coklat jenis dark chocolate mampu mengontrol tekanan darah, meskipun efeknya tidak terlalu kuat.

Ketiga. Mencegah kontraksi dini dan membentuk hemoglobin – Cokelat merupakan sumber magnesium dan zat besi. Kedua mineral ini dibutuhkan selama kehamilan. Magnesium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya kontraksi dini.

Sedangkan zat besi diperlukan untuk membentuk hemoglobin, yang berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh, termasuk ke janin.

Baca Juga:  Ini Peringatan Dini Cuaca BMKG untuk Wilayah Jakarta dan Bodebek

Keempat. Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan janin – Penelitian lain juga menemukan bahwa mengkonsumsi 30 gram coklat per hari selama hamil dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta menjaga kesehatan plasenta atau ari-ari. (Red)