Mendag Ungkap Polri Siap Tangkap Mafia Minyak

Mendag Ungkap Polri Siap Tangkap Mafia Minyak

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebutkan Polri akan segera mengumumkan tersangka mafia minyak goreng yang menyebabkan kelangkaan di masyarakat.

“Sekarang sudah ada yang menggulirkan barangnya. Itu juga sedang diperiksa polisi juga kalau sampai terjadi kecurangan. Mudah-mudahan hari ini Polri bisa mengumumkan, dalam 1-2 hari ini mengumumkan daripada kecurangan-kecurangan tersebut,” ujar Lutfi pada Rapat Kerja dengan Komite 2 DPD RI, Senin (21/3).

Lutfi mengatakan kebijakan pemerintah yang digulirkan sejak awal Februari lalu dinilai berhasil karena mampu menurunkan harga minyak di pasaran.

“Sempat terjadi penurunan harga minyak dari Rp17.726 di Januari menjadi Rp15.583 per liter, jadi kalau ditanya apakah fallout policy ini berhasil? Berhasil,” ujarnya.

Namun, kelangkaan minyak goreng justru terjadi di masyarakat. Menurut Lutfi, terdapat dua alasan hal tersebut terjadi, yaitu sektor industri yang meraup keuntungan dari minyak yang datang dari domestic market obligation (DMO) dan penimbunan minyak goreng murah yang dijual dengan harga sangat tinggi.