Mengenal Ragam Jenis Bentuk Atap Rumah Dan Fungsinya

JABARNEWS | BANDUNG – Di luar dari fungsinya sebagai elemen perlindungan, desain atap rumah juga dapat menjadi bagian yang paling menarik dari sebuah rumah. Umumnya desain atap rumah di Indonesia modelnya terlihat seragam dan monoton.

Padahal, desain atap rumah juga akan mempengaruhi konsep keseluruhan dari sebuah rumah. Disamping itu rumah akan terlihat berbeda dan terkesan unik dibandingkan biasanya.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa desain atap rumah dan fungsinya yakni:

Baca Juga:  Belajar Dirumah Agar Tetap Efektif Orang Tua Harus Gimana? Simak Tips Ini

Pertama. Desain Atap Rumah Limas/Perisai – Desain atap rumah limas atau yang biasanya disebut atap rumah perisai merupakan penyempurnaan dari bentuk desain atap rumah pelana yang terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium.

Desain atap rumah limas memiliki keunggulan di atas desain atap rumah pelana yaitu terlihat lebih artistik. Selain itu, dengan sudut 30 hingga 40 derajat pada bagian atapnya, desain atap rumah ini mampu memberikan perlindungan terhadap dinding rumah bagian luar dari panasnya sinar matahari dan derasnya air hujan.

Baca Juga:  DPKPB dan Diskominfo Antisipasi Krisis Air Bersih Pada Musim Kemarau

Kedua. Desain Atap Rumah Datar – Desain atap rumah datar yang satu ini merupakan desain atap rumah yang paling sederhana dan mudah dibuat. Desain atap rumah ini umumnya diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya minimalis.

Fungsi dari desain atap rumah datar seperti ini biasanya digunakan untuk atap teras atau kebun di atap rumah. Tapi, atap rumah ini termasuk yang paling susah perawatannya.

Baca Juga:  Pastikan Pelaksanaan Pilkades Serentak Aman, Plt Bupati Pantau TPS

Ketiga. Desain Atap Rumah Sandar/Skillion – Model-model rumah kontemporer kebanyakan sudah menerapkan desain atap rumah sandar ini. Desain atap rumah ini juga biasanya digunakan untuk bangunan-bangunan tambahan seperti selasar atau emperan.

Biasanya, tepi atas pada desain atap sandar menempel dengan tembok vertikal. Selain karakteristik arsitekturnya yang atraktif, desain atap rumah ini juga mengalirkan air hanya ke satu tempat saja, biasanya ke sisi samping rumah. (Red)