Moeldoko: Sampai Desember Akan Ada 240 Juta Dosis Vaksin Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sampai akhir tahun ini, pemerintah Indonesia akan menyiapkan ketersediaan 240 juta dosis vaksin Covid-19 secara bertahap. 

Pada Agustus ini, ketersediaan vaksin Covid-19 di Indonesia direncanakan dapat mencapai 74 juta dosis. Namun, yang sudah dipastikan ketersediaannya ialah 70 juta dosis vaksin Covid-19

Begitu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di sela kunjungan ke Puskesmas Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (10/8/2021). 

Baca Juga:  Titipan Hewan Kurban di Masjid Agung Cimahi Meningkat

Menurut Moeldoko, rencana penyediaan jutaan dosis vaksin Covid-19 itu telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo maupun Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam sidang kabinet.

“Bahwa ada ketersediaan di bulan Agustus ini, ada 70 plus 4 juta (dosis). Yang 4 juta masih belum definitif, tapi sudah dipikirkan antara 74 juta. Berikutnya, sampai Desember, secara bertahap itu ada 240 juta,” katanya.

Baca Juga:  Takut Terjadi Kerumunan Massa, KPU Jabar Berencana Tambah TPS

Menurut Moeldoko, pemerintah pun sudah menyiapkan sasaran dalam program vaksinasi Covid-19. Di antaranya ialah 500 ribu dosis vaksin untuk TNI dan 600 ribu dosis vaksin untuk kepolisian.

“Harapannya dari perkembangan 1 juta (penerima vaksin), 2 juta, akhirnya bisa sampai 5 juta untuk satu hari nanti terimplementasi kepada masyarakat,” kata Moeldoko.

Lebih lanjut, Moeldoko mengaku tengah berkeliling ke sejumlah daerah guna menyerap persoalan-persoalan penanganan Covid-19 di lapangan. Termasuk untuk persoalan 3T (testing, tracing, treatment).

Baca Juga:  Robert Alberts: Abdul Aziz dan Luiz Sudah Lakukan Pemulihan dengan Baik

“Tadi di antaranya saya dengar ada sebagian kecil masyarakat yang belum percaya, sehingga takut di-testing, karena takut dicovidkan,” katanya.

“Nah, persoalan-persoalan ini harus dibereskan melalui tokoh-tokoh agama agar memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat,” ucap Moeldoko. (Yoy)