Operasi Laut dan Udara di Perairan Selat Malaka Diperkuat, Ada Apa?

JABARNEWS I MEDAN – Komandan Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama, TNI Haris Bima Bayuseto melakukan kunjungan di markas komando Kosekhanudnas III, Lanud Suwondo, di Polonia Medan Rabu, (2/06/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka melaksanakan pelayaran dalam menegakkan kedaulatan dan penegakkan hukum di laut sesuai dengan tugas pokok Gugus Keamanan Laut Komando Armada I. 

Dalam kesempatan itu, Laksma TNI Haris Bima Bayuseto meninjau ruang kendali operasi Kosekhanudnas III. Dari ruangan tersebut dapat memonitor langsung pelaksanaan pengamanan wilayah udara sekaligus spot-spot di permukaan perairan yang menjadi sektor tanggung jawabnya.

Baca Juga:  Limbah Bekas Penanganan Covid-19 di Jabar Capai 12 Ton Per Hari

Laksma TNI Haris Bima Bayuseto  menjelaskan, kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperkuat interoperabilitas unsur operasi laut dan udara di Perairan Selat Malaka. 

Baca Juga:  MUI Cianjur Buka Suara Soal Teror Makhluk Gaib di Rumah Horor di Citengkor

Khususnya berbagi data dan informasi, serta dukungan dan pengawasan unsur udara Guskamla Koarmada I yang beroperasi di wilayah kerja Kosekhanudnas III.

“Apabila mendapatkan kontak permukaan yang mencurigakan atau pelanggaran wilayah perairan perbatasan dapat segera ditindaklanjuti oleh unsur Guskamla Koarmada I. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan berbagi data melalui jaring komunikasi yang akan ditentukan dan disepakati,” katanya 

Baca Juga:  Pemerintah Diminta Petakan Zona Secara Detail Agar Rakyat Tak Bingung

Dia berharap, dengan meningkatkan interoperabilitas antara Gugus Keamanan Laut Komando Armada I TNI Angkatan Laut dengan Komando Sektor Pertahanan Udara III TNI Angkatan Udara pengamanan terhadap wilayah perairan dan wilayah udara NKRI

“Berharap dapat meningkatkan interoperabilitas dalam pengamanan terhadap wilayah perairan dan wilayah udara NKRI,” bilangnya. (Ptr)