Panen Raya Bantuan Polres Kuningan Hasilkan Puluhan Ton Sayuran

JABARNEWS | KUNINGAN – Kepala Kepolisian Resor Kuningan Lukman Syafri Dandel Malik mengawali pemetikan perdana pada panen raya di ladang sayuran di Desa Karangsari, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Panen raya tersebut menghasilkan sedikitnya 48 ton kubis, 10 ton tomat, dan sekitar 28 ton sawi.

Seusai melakukan pemetikan Kapolres Kuningan, Lukman Syafri Dandel Malik mengatakan bahwa panen tersebut hasil kerjasama antara Polres Kuningan bersama kelompok tani setempat.

“Ini program ketahanan pangan Polres Kuningan bekerja sama dengan kelompok tani yang ada di Desa Karangsari. Hasil panennya semua kami serahkan kepada masyarakat untuk kebutuhan konsumsi atau sisanya mereka jual untuk membantu kebutuhan ekonomi mereka,” ujar Kapolres.

Baca Juga:  Din Syamsuddin Kutuk Aksi Penusukan Syekh Ali Jaber

Ia juga menyebutkan program itu dilakukan Polres Kuningan dalam rangka menjaga ketahanan pangan masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 dengan dukungan dari para pihak, diantaranya TNI, Pemda Kuningan, dan masyarakat setempat.

Kepala Desa Karangsari Nana Sumarjana didampingi Sekdes Dede Rokanda menerangkan, luas lahan yang dijadikan tanaman beberapa jenis sayuran bantuan Polres Kuningan di desanya itu mencapai lebih dari 2 hektare pada lahan milik 20 orang masyarakat di Blok Pasirbatang.

Baca Juga:  Kabar Baik, Mulai Besok Warga Depok Boleh Shalat Jumat di Masjid

“Bantuannya antara lain berupa bibit, pupuk, dan obat-obatan, serta selama masa pemeliharaannya juga hampir setiap dua hari sekali selalu dikontrol langsung Babinkamtibmas dari Polsek Darma,” ujar Nana Sumarjana.

Nana menyebutkan, baantuan tersebut sangan membantu serta menguntungkn untuk petani dan rakyat setampat.

“Selain mendapat bibit, pupuk, dan obatan-obatan gratis, hasil panennya tanamannya juga bagus. Untungnya lagi bagi petani, harga jual jenis-jenis sayuran itu sekarang lagi bagus,” kata Dede Rokanda, dibenarkan juga sejumlah petani setempat.

Kapolres Kuningan melanjutkan, bantuan serupa juga mulai dilakukan sejumlah polsek-polsek yang ada dilingkungan Polres Kuningan.

Baca Juga:  Pelaksaan HPN 2020 Diusulkan Bersamaan Pembukaan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

“Selain itu, program ketahanan pangan Polres Kuningan di tengah pandemi Covid-19 seperti ini dilakukan juga di Polsek-Polsek Jenis komoditas yang ditanam melalui program ketahanan di wilayah-wilayah kerja Polsek dipilih sesuai jenis tanaman yang cocok dengan kondisi tanah dan iklim nya. Misalnya di Polsek Jalaksana jenis tanaman yang ditanamnya ada kangkung dan singkong. Kemudian di Polsek Cibingbin di antaranya menanam jagung, dan di Polsek Kuningan kota penebaran dan pembesaran ikan di kolam,” kata Kapolres. (Red)