Pembangunan Sumur Bor di Cisalak Ini Siap Fasilitasi Air Bersih Warga

JABARNEWS | CIANJUR – Pembangunan fasilitas air bersih di Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terus dilakukan.

Diketahui pembangugan air bersih untuk keperluan warga itu dilkaukan pada tiga titik lokasi yag berbeda, yakni Kampung Babakangempol RW 08, Kampung Cisalak Kidul RW0 4, dan terakhir berlokasi di Kampung Cisalak Hilir RW 07.

“Tiga tempat saat ini sedang digenjot pembuatan sumur bor. Itu, kedalaman sekitar 50 meter,” ujar Iwan, Kepala Desa Cisalak, Kamis (09/07/2020)

Baca Juga:  Waduh! Tiga Daerah Jabar Ini Disorot KPK Soal Bansos

Ia menjelaskan pembangunan fasiltas sumur bor air di tiga tempat itu sampai bisa dikatakan layak untuk konsumsi masyarakat, kata dia, daerah ini minimal bila membuat sumur bor, kedalaman sekitar 40 meter baru normal.

“Karena daerah sini geografis kekeringan dan banyak batu di dasar tanah,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Pesan Penting Gubernur Jabar untuk Bupati Pangandaran

Iwan mengungkap, anggaran yang diterapkan pengerjaan sumur bor tersebut menggunakan anggaran yang diterapkan dari Dana Desa (DD) tahap II 2020.

“Ditaksir rampung sekitar dua mingguan dari saat ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, bila di Kampung Cisalak Kidul, itu belum dikerjakan, kata Iwan, masih dalam antrian soalnya alat bor tersedia hanya satu unit.

“Anggaran per titik sumur bor Rp 46 juta lebih. Dikerjakan baru satu titik lokasi, dan rencanaya sudah anggarankan akan digeber dua sumur bor lagi,” ujarnya.

Baca Juga:  Penuhi Kuota CPNS, Pemerintah Godok Aturan Baru

Iwan berharap, adanya pembuatan sumur bor untuk kebutuhan warga sini bisa terpenuhi, dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Karena, melihat dan dirasakan air bersih sangat susah. Maka itu, membuat sumur bor untuk keperluan warga kedepan sehari-hari. (Mul)