Pembentukan Forum Komunikasi Kader Pos Pelayanan Terpadu Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Forum Komunikasi Kader Pos Pelayanan Terpadu dikukuhkan oleh Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman di Ruang Garuda Pendopo Kabupaten Cianjur, Jum’at (14/2/2020).

Dalam ksesempatan itu Plt Bupati Cianjur menyampaikan bahwa tugas Forum Komunikasi Kader Pos Pelayanan Terpadu salah satunya untuk membantu Pemkab Canjur dalam pelaksanaan pengelolaan pos pelayanan terpadu, yang fungsinya antara lain, mengkoordinasikan penanganan dan penyelesaian kasus-kasus pemeliharaan kesehatan dasar bagi para ibu hamil, menyusui, wanita usia subur, bayi dan balita.

“Tugas kita masih banyak, kita harus bersama-sama dalam rangka melayani masyarakat,” kata Herman.

Baca Juga:  Wakil Ketua Komisi II DPR RI: Revisi UU Pilkada Sebatas Wacana

Lebih lanjutnya, Herman mengatakan fungsi Forum Komunikasi Kader Pos Pelayanan Terpadu juga memberi dukungan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PPL Posyandu tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, membangun kerjasama dan berkoordinasi yang baik antar pemangku kepentingan dalam upaya pemeliharaan kesehatan dasar.

Selain itu juga guna menampung aspirasi dari sasaran posyandu, kader posyandu dan PPL Posyandu untuk dijadikan bahan perencanaan pembangunan pemeliharaan kesehatan dasar di posyandu, melaksanakan sosialisasi dan pelatihan kesehatan dasar terhadap ibu hamil dan menyusui guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Baca Juga:  Rumah Sakit Dustira Cimahi Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

“Juga melakukan pembinaan secara berkala terhadap korcam PPL, posyandu kecamatan, desa dan kelurahan termasuk pendistribusian biaya jasa non PNS,” ujar Herman.

Sementara itu, Edi Jubaedi, selaku Ketua Forum Komunikasi Kader Pos Pelayanan Terpadu menjelakan bahwa forum ini merupakan sarana yang strategis bagi pelayanan terhadap masyarakat serta pusat pelayanan yang terintegrasi.

“Artinya semua pelayanan bisa di pusatkan di posyandu, tentunya yang akan ditingkatkan kedepan adalah mengenai sumber daya manusianya agar semakin solid keterpaduannya,” kata Edi.

Baca Juga:  Ironis.. Banyak Cagar Budaya di Indramayu Tak Terawat

Edi juga ingin meningkatkan strata posyandu, karena saat ini strata posyandunya masih ditingkatan pratama, madya dan purnama kedepan diharapkan beralih ke strata posyandu mandiri.

“Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu sosialisasi yang maksimal, sinergikan jumlah penduduk dengan meningkatkan kualitas pelayanan, soliditas sosialisasinya semakin ditingkatkan lagi” katanya.

Berikut jajaran pengurus Forum Komunikasi Kader Pos Pelayanan Terpadu, Ketua Edi Jubaedi, Wakil Ketua Neti Herawati, Sekretaris Ade Suharyadi, Wakil sekretaris, H. Rachmat Arifin, Bendahara Hj. Enok Rokayah, serta Anggota, Fitri Lestari, Nana Sukarna, Ipin Sobandi. (Adv)