Pemprov Jabar Berencana Buka Kafe Di Luar Negeri

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana membuka kafe di luar negeri. Kafe yang dinamainya “West”, yang berarti Barat ini, akan menyuguhkan 100 persen kopi-kopi asal Jawa Barat.

Rencana tersebut diungkapkan Emil, saat memberikan arahan kepada para pengurus BUMDes se-Kabupaten Ciamis, di BUMDes Sari Mandiri, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Minggu (20/1/2019).

Baca Juga:  Inilah Himbauan Pemerintah Untuk Peringati Kemerdekaan

Kafe West ini, kata Emil, merupakan salah satu strateginya untuk membuka pasar bagi kopi Jabar ke luar negeri. Ke depan, cafe ini juga bisa dikerjasamakan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) seluruh Jabar, sehingga berimbas pula pada pengembangan BUMDes bintang lima (beromset puluhan miliar rupiah) di Jabar.

Baca Juga:  Jangan Anggap Enteng Bro! Ini 5 Kebiasaan yang Merusak Mesin Mobil

“Saya sudah siapkan sebuah strategi dimana kopi Jabar akan dijual di luar negeri, dan saya buat kafe di luar negeri bernama West, kopi nya 100% dari Jabar. Saya yakin akan ada BUMDes yang bintang lima dari sini,” sambungnya.

Emil menambahkan, pemilihan kopi ini mengingat budaya minum kopi di luar negeri, khususnya di daerah Eropa, sangat tinggi. Ia berharap, nantinya permintaan pasar internasional akan kopi Jabar terus meningkat, sehingga berimbas pada kesejahteraan petani kopi dan BUMDes.

Baca Juga:  Mobile Covid Hunter Beredar di Bandung, Incar Pelanggar Protokol Kesehatan

“Sekarang ini di Eropa sana sedang musim dingin, dan mereka dalam sehari bisa lima sampai enam gelas minum kopi,” pangkas Emil. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat