Pengamat Sarankan Jokowi Ganti Mendag Karena Dinilai Gagal Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

Pengamat Ekonomi dari Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi. (Instagram/@acuviarta)

JABARNEWS | BANDUNG – Pengamat ekonomi dari Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi menyarankan Presiden Joko Widodo untuk mengganti Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi karena dianggap telah gagal dalam mengatur harga hingga kelangkaan minyak goreng dipasaran.

“Saya kira kalau bisa diganti itu Mendag secepatnya. Karena sudah gagal dalam hal kebijakan terkait minyak goreng,” ujarnya, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga:  Komisi III DPRD Jabar: Banyak Potensi Belum Terekspos

Selain itu, Acuviarta juga menyoroti kebijakan dicabutnya harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng yang dianggapnya pemerintah telah gagal dalam mengatur regulasi harga minyak goreng sehingga mengembalikannya kepada harga pasar.

Baca Juga:  Rela Berdesakan Demi Mendapatkan Migor, Warga Datang Dari Subuh

Menurutnya, kebijakan akan akan berdampak besar bagi masyarakat. Tak hanya itu, ini juga akan mempengaruhi pada tingkat inflasi.

“Kami memahami kondisi yang memang menjelang Ramadan dan hari raya. Tercatat ada beberapa komoditas yang harganya mulai naik bukan hanya minyak goreng, seperti cabai merah, bawang merah, kentang, hingga kedelai. Jadi, saya sangat meminta pemerintah untuk menunda kebijakan melepaskan harga itu ke pasar,” ucap Acuviarta.

Baca Juga:  Pemerintah Cabut HET Minyak Goreng, Begini Penjelasan DKUPP Purwakarta