PLN Tanam 1000 Pohon Di Area PLTA Jatigede

JABARNEWS | BANDUNG – Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT. PLN (Persero) melaksanakan penanaman 1000 pohon di 4 titik lokasi Lokasi Regulating Dam di area proyek PLTA Jatigede, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Selasa (5/6/2018), Kabupaten Sumedang,

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Supervisor Sub Bidang K3L PLN UIP JBT I Gagah Nurjaman, Camat Jatigede Sahna beserta anggota Muspika Jatigede, dan 15 orang pelajar dari SD Negeri Parakan Kondang, Kecamatan Jatigede.

Manajer PLN UPP Kit JBT 2, Arie Nugroho, menyatakan, program penanaman pohon ini merupakan wujud dari kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan lingkungan.

Baca Juga:  Angarkan Hampir 4 Miliar, Proyek Gedung Farmasi Sergai Ditinggal Rekanan

“PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggung jawab melestarikan lingkungan sekitar. Program ini merupakan salah satu upaya PLN dalam menjaga lingkungan khususnya di daerah sekitar proyek. Harapannya pohon ini dapat tumbuh subur dan hasilnya dapat dimanfaatkan khususnya oleh masyarakat Jatigede, bahkan hingga beberapa tahun ke depan,” tuturnya.

Ditambahkan Arie, selaras dengan program penggiat lingkungan, untuk jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran. Ada 8 jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon Mangga, Rambutan, Durian, Jambu, Mahoni, Tanjung, Beringin, serta Jati sebagai tanaman khas lokal daerah Jatigede.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Curanmor Bersenjata Api Lintas Indramayu-Cirebon

Program penanaman pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan, mencegah efek rumah kaca, dan mengurangi global warming. Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.

“Bantuan 1000 pohon yang diberikan oleh PLN ini tentu akan kami jaga sebaik mungkin hingga berbuah dan tumbuh besar. Meski baru ditanam, kami sudah bisa merasakan manfaatnya bagi warga kami.” kata Sahna selaku Camat Jatigede.

Baca Juga:  Inilah Gebrakan DPPKB Purwakarta Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Selain itu, untuk total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon adalah Rp 4,64 Milyar. Selain bantuan bibit pohon, PLN juga memberikan bantuan pupuk dan biaya pemeliharaan agar pohon dapat tumbuh dengan baik.

Dalam kegiatan yang masuk dalam program penanaman pohon di wilayah operasional PLN dari Sabang sampai Merauke itu, ditargetkan ditanam 32.000 pohon oleh 32 unit kerja PLN se-Indonesia. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat