Vaksinasi Jadi Syarat Berbagai Kepentingan, Gerakan Solidaritas Anti-Vaksin pun Muncul

JABARNEWS | BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi persyaratan dalam banyak hal, termasuk di antaranya dalam urusan pekerjaan. 

Kondisi tersebut memicu munculnya gerakan solidaritas anti-vaksin yang menolak dijadikannya vaksinasi Covid-19 sebagai syarat berbagai hal.

Dikutip dari berbagai sumber, protes vaksinasi sebagai syarat membuat sebagian orang justru memilih meninggalkan pekerjaannya daripada divaksin.

Baca Juga: Kejar Target 50 Persen, Vaksinasi Covid-19 Digeber di Wilayah Pelosok Cianjur Selatan

Di Amerika Serikat, misalnya, sejumlah perusahaan telah mewajibkan karyawannya untuk memenuhi syarat vaksinasi untuk dapat bekerja.

Serikat pilot Southwest Airlines pun meminta perusahaan untuk menghentikan sementara persyaratan vaksin yang diberlakukan. 

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Bangun Saung Milik Warga

Imbasnya, maskapai Southwest Airlines terpaksa membatalkan ribuan penerbangan ke berbagai daerah setelah ada aksi protes itu.

Baca Juga: Keren! Tembus Pasar Asing, Motor Listrik Produksi Anak Bangsa Mulai Diekspor ke Senegal

“Kami hampir tidak pernah berdiskusi dengan mereka selama 10 bulan terakhir tentang apa yang kami semua tahu akan datang, yang merupakan mandat,” kata Presiden Asosiasi Pilot Southwest Airlines, Casey Murray, Sabtu 16 Oktober 2021 waktu setempat.

Baca Juga:  Inilah Cara Cegah Penyebaran Cyber Bully di Twitter

Hal yang sama juga dilakukan oleh pemain basket Kyrie Irving, yang bertahan dengan solidaritas orang-orang yang memilih kehilangan pekerjaan alih-alih mengikuti program vaksinasi.

“Ketahuilah bahwa saya bersama dengan semua orang yang kehilangan pekerjaan karena mandat ini, dan saya bersama dengan semua orang yang memilih untuk divaksinasi dan juga memilih untuk aman,” kata Irving.

Baca Juga: Hore! Dianggarkan Rp113 Miliar, Guru Ngaji di Bandung Dapat Rezeki Akhir Bulan Ini

“Saya berada di kedua sisi dari semua ini. Saya mendukung dan menghormati keputusan semua orang,” lanjutnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces: Keputusanmu untuk Berani Bersikap Berbeda Merupakan Langkah yang Luar Biasa

Presiden AS Joe Biden ingin mendorong persyaratan vaksin untuk berbagai kepentingan, karena vaksinasi mencakup perihal keselamatan publik.

Perang atas persyaratan vaksin di AS pun menjadi sangat politis. Anggota kongres Ohio, Jim Jordan menyarankan pemerintah untuk mengakhiri persyaratan vaksin.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bicara Kampanye dan Minta PPP Berinvestasi pada Individu Terbaik, Ada Apa?

Italia juga memberlakukan aturan yang sama. Persyaratan di Italia menyatakan bahwa siapa pun yang mendapatkan gaji bulanan, baik oleh pemerintah ataupun swasta, harus memiliki sertifikat vaksin.***