• Senin, 29 November 2021

Pasar Tanaman Hias di Kota Bogor Jadi Opsi Pemulihan Ekonomi, Ini Kata Menkop UKM Teten Masduki

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:30 WIB
  Menkop UKM Teten Masduki.  (Kemenkop UMKM)
Menkop UKM Teten Masduki. (Kemenkop UMKM)

JABARNEWS | BOGOR - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki menyebut bahwa pasar tanaman hias di Kota Bogor menjadi salah satu opsi pemulihan ekonomi.

Teten Masduki mengatakan, hal tersebut dikarenakan pasar tanaman hias di Kota Bogor ini menggandeng sekitar 1.000 petani yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 21 Oktober 2021: Ada yang Sedang Dalam Kondisi Tertekan

Baca Juga: Pamit Ikut Ekstrakurikuler Bola Voli, Siswa SMP Tewas Tenggelam di Curug Wadas Ciamis

"Tanaman hias memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Pasalnya, global market value (potensi pasar) tanaman hias mencapai nilai Rp3.000 triliun, lebih tinggi dibandingkan kopi dan teh. Namun, Indonesia baru memenuhi ceruk pasar dunia sebesar 0,01 persen," kata Teten Masduki saat mengunjungi pasar tanaman hias yang berlokasi di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, seperti dalam keterangan yang diterima, Kamis 21 Oktober 2021.

Teten Masduki mengaku bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Minaqu Indonesia sebagai pengelola pasar tanaman hias terbesar di Asia Tenggara itu karena telah mengangkat potensi ekonomi di Jawa Barat.

"Kalau sudah ada koperasi, para petani dapat fokus untuk berproduksi di lahan yang juga dikonsolidasikan menjadi skala ekonomi," ucapnya.

Baca Juga: Minat Warga Ikuti Vaksinasi Rendah, Kota Tasikmalaya Kesulitan Capai Target

Baca Juga: Waduh! Pagar Cagar Alam Pangandaran Jebol, Rusa Berkeliaran ke Pemukiman Penduduk

Teten Masduki mengungkapkan, koperasi yang berperan sebagai penampung atau aggregator juga dapat menjadi penjamin komoditas hasil hutan kelompok tani hutan atau offtaker pertama.

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Menteri BUMN Erick Thohir Jadi Anggota Banser

Senin, 29 November 2021 | 11:13 WIB
X