Preman Pensiun ’Siaga’ Sambut Kirab Torch Relay Asian Games

JABARNEWS I GARUT – Momentum penyambutan Kirab Torch Asian Games XVIII 2018 rupanya tak disia-siakan Pemkab Garut. Rangkaian acara meriah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan api abadi itu. Rencananya, Torch Asian Games akan menginap satu malam di Kota Intan.

Warga pun tampak antusias memeriahkan acara penyambutan tersebut. Bahkan, para artis Preman Pensiun pun ’disiagakan’ untuk menyambut kedatangan kirab obor.

Salah seorang warga Garut Utara, Dadang (33) yang berada di perbatasan Garut – Sumedang misalnya. Ia bersama istrinya rela berdesak-desakan menunggu kedatangan kirab obor Asian Games.

’’Kapan lagi obor Asian Games bisa mampir di Garut. Ini sejarah buat Garut. Makanya kalau harus berdesak-desakan datang ke sini,’’ kata dia saat menyaksikan para artis Preman Pensiun menghibur di Kawasan Leles, Garut, Minggu (12/8/2018).

Baca Juga:  Insiden Pengrusakkan Kampus, Unisba Sampaikan Enam Tuntutan ke Polda Jabar

Sementara itu, Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gangan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai gelaran atraksi dan pentas seni di sejumlah titik di Kabupaten Garut. Mulai dari Barongsai hingga kesenian modern seperti electone.

Budi melihat, warga sangat antusias menyambut kedatangan obor tersebut. ’’Selama dua hari Obor  Asian Games akan melintas di Garut, mulai hari ini hingga esok hari,’’ tutur Budi.

Makanya, Pemkab Garut memanfaatkan momen ini dengan menawarkan sejumlah destinasi wisata unggulan. Sejumlah titik wisata telah disiapkan untuk menyambut rombongan Kirab Obor Asian Games.

Baca Juga:  Purwakarta Mulai Membaik, Tak ada Lagi Kecamatan Berstatus Zona Merah

Ada sejumlah destinasi wisata unggulan yang ditawarkan. Di antaranya wisata budaya di Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, kemudian wisata kawah Gunung Papandayan, Cipanas, dan wisata air panas Puncak Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

”Mereka (para wisatawan, red) nantinya bisa menikmati wisata Cipanas Garut, dan bisa ke Darajat. Kita juga merekomendasikan wisata ke Gunung Papandayan,” ungkapnya.

Selain wisata itu, ada pula destinasi wisata lain yang ditawarkan Pemkab Garut. Misalnya, wisata belanja sentra kerajinan kulit Sukaregang, wisata kuliner dodol dan cokelat di Chochodot dan Dodol Picnic.

’’Nantinya wisatawan dari peserta rombongan Kirab Obor dapat melihat langsung proses pembuatan dodol sebagai makanan khas dari Kabupaten Garut.

Baca Juga:  Oleh Soleh Ajak Generasi Muda Kembalikan Fungsi Masjid

Ia menerangkan, Pemkab Garut juga sudah menyiapkan tempat penginapan yang memadai untuk rombongan Kirab Obor di kawasan objek wisata Cipanas Garut. ’’Kita punya Cipanas, di sana banyak hotel atau penginapan konsep alam yang dapat menampung banyak wisatawan,” katanya.

Diharapkan kedatangan rombongan kirab obor dari berbagai daerah di Indonesia dan negara asing peserta Asian Games memberikan dampak positif untuk Kabupaten Garut.

’’Diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, sekaligus Garut akan lebih dikenal masyarakat luar Garut maupun luar negeri yang akhirnya mau berkunjung kembali ke Garut,’’ katanya. (Tgr)

Jabarnews  I Berita Jawa Barat