Rappelling Di Curug Cipaok Subang, Seru!

JABARNEWS | SUBANG – Wilayah pegunungan Subang Selatan memang kaya akan tempat wisata yang patut untuk di kunjungi, selain obyek wisata Air Panas Sari Ater yang sudah terkenal baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing, ada lagi tempat wisata lain yang juga tidak kalah menariknya.

Salah satunya adalah Curug atau air terjun Cipaok, terletak di Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sumber air terjun Cipaok berasal dari sungai diatas gunung Canggah yang mengalir cukup deras melewati tebing-tebing terjal dengan ketinggian tebing kurang lebih 70 Meter.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Vaksinasi Covid-19 Wajib Untuk Warga RI, Termasuk di Jabar

Di Kampung Citali Desa Cimanggu ini, travelar bisa menikmati keindahan Curug yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter itu. Dan di Curug Cipaok yang berada tepat di bawah kaki Gunung Canggah itu atau di kolamnya bisa juga digunakan mandi.

Sepanjang mata memandang yang terlihat pepohonan hijau begitu menyejukkan mata. Sehingga hutan yang masih asri, asli dan alami ini menambah keindahan sekitar air terjun Cipaok.

Bagi penyuka rappelling (menuruni tebing dengan seutas tali dan canyoning (penelusuran sungai)), bisa juga dilakukan di Curug dengan kualitas airnya sangat super jernih ini.

Baca Juga:  Warga Jabar Bisa Lakukan Pengaduan Ke Polisi Secara Online

Lokasi yang tak terlalu tinggi dan kondisi tebing yang memungkinkan menjadi alasan tempat favorit untuk rappelling.

Seperti dilakukan anggota Komunitas Penggiat Lingkungan WARNA ALAM Subang. Mereka sudah tak asing dengan olahraga ekstrem ini karena mereka rata-rata hobi memanjat gunung. Walaupun, waterfall rappelling dirasakannya cukup menguji nyali.

Komunitas ini memang kerap mencari lokasi atau tempat untuk menggelar trip atau waterfall rappelling sebagai upaya untuk mempromosikan potensi obyek wisata alam Subang yang belum dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga:  Kebangetan! Puskesmas Cisewu Disatroni Maling

Salah satu anggotanya Juwana pun merasa ketagihan dengan hobinya itu. Terlebih, baginya, olahraga ekstrem itu bisa sekaligus melatih fisik dan konsentrasi.

“Ini berguna untuk olahraga outdoor lain, rappelling seperti ini sangat membantu seseorang dalam melatih kekuatan tangan, kaki serta konsentrasi,” kata Ju sapaan akrabnya.

Nah, bagi traveler yang hobi bermain air, jalan-jalan ke Kota Nanas ini harus ada dalam daftar agenda. Karena di wilayah Subang selatan ini banyak pilihan tempat wisata air yang bisa dijelajahi. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat