Ratusan Peternak Ayam Geruduk Komnas HAM, Ini Tuntutannya

Peternak Ayam
Ratusan peternakan mandiri dan peternak rakyat dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menggeruduk Kantor Komnas HAM di Jakarta pada Senin (13/3/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Ratusan peternakan mandiri dan peternak rakyat dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menggeruduk Kantor Komnas HAM di Jakarta pada Senin (13/3/2023).

Kedatangan mereka untuk menggelar aksi menuntut Komnas Ham terlibat dalam persoalan yang dihadapi para peternak ayam, terkait persaingan usaha yang tidak sehat.

Baca Juga:  Waduh! Menkes Sebut Kepulangan Jemaah Haji Bisa Picu Peningkatan Kasus Covid-19

Garda Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) Sugeng Wahyudi mengatakan bahwa Sekretariat Bersama Perunggasan Nasional yang terdiri dari GOPAN, PPUN, Pinsar dan KPUN mendatangi Komnas Ham untuk menjelaskan kesulitan yang dialami peternak mandiri dan peternak rakyat.

Baca Juga:  Sempat Mangkir, Artis Nindy Ayunda Akirnya Nongol Penuhi Panggilan Polres Jakarta Selatan

“Kita peternak dari Jawa, hadir 300 orang, sengaja mendatangi Komnas HAM untuk melaporkan hak dan usaha kita dirampas oleh persaingan usaha yang tidak sehat ini,” kata Sugeng.

Asosiasi Perunggasan meminta peran dari Komnas Ham untuk terlibat menanggapi keluhan para peternak ayam, karena menyangkut hak dasar dan ekonomi peluang usaha yang tertutup. “Sementara ini kita mengadu ke Komnas Ham, nanti kita lihat perkembangannya seperti apa,” imbuhnya.

Baca Juga:  La Nyalla Inginkan Lumbung Pangan Jatim Digelar Sepanjang Tahun